Siantar, hetanews.com - Kecamatan Siantar Timur berhasil meraih kecamatan terbaik ke dua tingkat Provinsi Sumatera Utara pada 2019. Atas capaian itu, Robert Sitanggang mengucapkan terimakasih kepada seluruh komponen masyarakat.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada komponen masyarakat yang mendukung program pemerintah dalam pembangunan dan kemasyarakatan," ungkapnya, Rabu (12/2/2020). 

Robert Sitanggang menjabat sebagai Camat Siantar Timur selama 2 tahun 8 bulan. Kini dirinya menjabat sebagai Camat Marihat sejak awal Januari 2020. 

Atas keberhasilan ini, Robert juga mengucapkan terimakasih kepada OPD yang memberikan pelayanan kepada warga khususnya di Kecamatan Siantar Timur.

"Apa yang kita terapkan di Kecamatan Siantar Timur mudah mudahan bisa kita terapkan di Kecamatan Siantar Marihat, dengan harapan mendapat dukungan dari masyarakat."

"Karena membangun komunikasi dengan masyarakat butuh waktu, sebab itu bukan waktu yang sebentar," kata mantan Camat Siantar Timur ini.

Penilaian atas pelayanan Camat kepada masyarakat adalah salah satu indikator penilaian kecamatan terbaik. 

"Jadi salah satu penilaiannya adalah pelayanan dan hubungan komunikasi Camat dengan masyarakat serta Forkopimca. Jadi yang ditanya dalam penilaian ini adalah masyarakat khususnya tentang pelayanan kecamatan," ungkapnya.

Kecamatan Siantar Timur dihuni lebih dari 44 ribu jiwa. Masyarakatnya tergolong heterogen dengan lahan pertanian hanya 5 persen. 

Sebagian kecamatan ini adalah wilayah industri, pusat pendidikan yang memiliki 2 universitas dan sekolah serta kawasan bisnis dan perdagangan.

Enam kecamatan terbaik kategori kota di Sumut yaitu: juara 1 Kecamatan Padang Hulu Kota Tebingtinggi, juara 2 Kecamatan Siantar Timur Kota Pematangsiantar, juara 3 Kecamatan Binjai Timur Kota Binjai.

Kemudian juara harapan 1 Kecamatan Datuk Bandar Timur Kota Tanjungbalai, juara harapan 2 Kecamatan Sibolga Utara Kota Sibolga, dan juara harapan 3 dari Kota Medan.

Robert meyakini, dengan menjalin komunikasi yang baik dan melayani masyarakat adalah poin penting dalam meraih penghargaan kecamatan terbaik di tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Trofi dan penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi di Lapangan Merdeka, Jalan Dr Sutomo Kota Tebingtinggi, Selasa 11 Februari 2020 kemarin.