HETANEWS

Kejari Siantar Lewat ‘Jaksa Menyapa’ Sosialisasi UU Perlindungan Anak

Chadafi & BAS Laia, narasumber jaksa menyapa. (foto/ay)

Siantar, hetanews.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Pematangsiantar melalui bidang intelijen (Intel) dalam program "jaksa menyapa", di radio Cas FM Siantar, sosialisasikan Undang - undang No.35/2014, sebagai perubahan atas UU No.23/2002 tentang Perlindungan Anak.

Dengan tema “Ketika anak berhadapan dengan hukum”, baik sebagai pelaku tindak pidana atau anak sebagai saksi dan anak sebagai korban dalam tindak pidana, semua diatur oleh undang-undang. Hukuman bagi anak adalah setengah dari pidana orang dewasa, atau bisa dipekerjakan di Dinas Sosial sebagai pembinaan dan lainnya.

Demikian dipaparkan Kasi Intel, BAS Faomasi Jaya Laia, kepada masyarakat Siantar dan seluruh pendengar/mitra senada radio CAS, Rabu (12/2/2020).

Masyarakat antusias dengan mengirimkan pesan dan mengajukan berbagai pertanyaan terkait anak kepada narasumber, Kasi podum Chadafi Nasution dan jaksa Anna Lusiana.

Dijelaskan Chadafi, dikatakan anak jika usianya di bawah 18 tahun dan anak sebagai pelaku, dapat dihukum pidana jika melakukan perbuatan asusila (cabul), narkotika dan lainnya juga dapat diberikan sanksi hukuman pembinaan melalui dinas sosial.

Sedangkan anak sebagai saksi, juga dilindungi undang - undang melalui sidang tertutup untuk umum. Demikian juga anak sebagai korban dilindungi hak haknya, jelas Chadafi.

Melalui jaksa menyapa, diharapkan setiap anak mengerti hukum, bahkan pihak Kejari Pematangsiantar, juga melakukan penyuluhan hukum ke berbagai sekolah, agar anak melek hukum "Kenali Hukum dan Jauhi Hukuman", pesan jaksa menyapa.

Program ini diharapkan bermanfaat bagi masyarakat Siantar dan sekitarnya, agar tidak melakukan perbuatan melawan hukum karena sudah mendengarkan penerangan hukum, sehingga kita lebih sadar hukum, kata Imran Nasition, selaku moderator jaksa menyapa.

Penulis: ay. Editor: gun.

Ikuti kami di Twitter, Instagram, Youtube, dan Google News untuk selalu mendapatkan artikel berita terbaru dari Heta News.