HETANEWS.COM

Curi Getah Lump PT Bridgestone, Juartono Dituntut 7 Bulan Bui

Terdakwa digiring petugas meninggalkan ruang sidang. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com -  Jaksa H Ronald MP SH, menuntut pidana penjara selama 7 bulan terhadap terdakwa Juartono (40), di PN Simalungun, Selasa (11/2/2020).

Menurut jaksa, terdakwa  telah terbukti melakukan pencurian getah lump milik PT. Bridgestone, yang mengakibatkan kerugian Rp57.600.- 

Terdakwa ditangkap petugas security kebun Bridgestone yang sedang melakukan patroli rutin, yaitu saksi Timbul Pangidoan, Abdurrahman dan Roben Purba.

Juartono ditangkap, pada  Selasa, 5 Nopember 2019, di blok KK.06.Sbv.M/IV-DU Nagori Dolok Maraja, Kecamatan Tapian Dolok.

Bersama barang bukti senter kepala, pisau deres, ember yang dipotong berisi 7 Kg getah, terdakwa dibawa ke Polsek Serbelawan untuk diproses hukum.

Warga Huta Pucuk Pardamean Talun Kondot, Kecamatan Panombean Pane ini, memohon kepada hakim agar hukumannya diringankan. Dengan alasan menyesal dan berjanji tidak akan mengulangi lagi.

Sebelumnya, terdakwa juga mengakui dengan berjalan kaki dari rumahnya membawa pisau deres, senter, karung dan ember menuju areal kebun. Bahkan sebahagian hasil curiannya sudah diantar pulang ke rumah dan kembali lagi. Tapi naas aksinya itu diketahui petugas.

Menurut jaksa H.Ronald MP SH, jika perbuatan terdakwa sudah terbukti bersalah melanggar  pasal 107 huruf d UU No.39/2014 tentang perkebunan. Terdakwa secara tidak sah telah memanen hasil kebun.

"Untuk putusan sidang ditunda seminggu, “kata ketua majelis hakim,  A Hadi Nasution SH MH, didampingi dua hakim anggota, Novarina dan Hendrawan Nainggolan. 

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!