HETANEWS

Setelah Timnas U-19, Pratama Arhan Dipanggil Timnas Senior

Pratama Arhan Alif Rifai.

Blora, hetanews.com - Pratama Arhan Alif Rifai, pemain sepak bola asal Blora, Jawa Tengah, dipanggil mengikuti latihan Timnas senior, pada 9 - 16 Februari 2020. Pemanggilan dari tim senior itu datang hanya beberapa pekan setelah pemain itu mengikuti pelatnas Timnas U-19 di Thailand.  

Kabar dipanggilnya Arhan diungkapkan dari Humas Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Blora, Abdul Muis. Menurutnya pemanggilan itu didapat karena penampilannya selama menjalani latihan di Thailand yang membuat pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-Yong tertarik. “Makanya Arhan dipanggil untuk masuk Timnas senior,’’ ujarnya pada Tempo, Sabtu, 8 Februari 2020.

Karier sepak bola remaja bertinggi badan 170 centimeter ini cukup lancar. Pemain kelahiran Dukuh Kedung Kenongo, Desa Sidomulyo, Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora 21 Desember 2001, itu mulai berlatih sepak bola di klub Putra Mustika Blora. Kemudian bergabung dengan Akademi Terang Bangsa Semarang, BJL Semarang serta PSIS Semarang U-18. Kemampuan tekniknya yang dianggap bagus, dia dipercaya masuk skuad PSIS Semarang U-20 sebelum akhirnya lolos seleksi Timnas U-19.

Menurut Abdul Muis, dirinya mengetahui nama Arhan dipanggil masuk TC Timnas senior dari pemberitaan di sejumlah media. Bahkan menurutnya, PSIS Semarang, klub Arhan saat ini melalui CEO PSIS Semarang Yoyok Sukawi mengakui tiga pemain PSIS dipanggil mengikuti TC Timnas senior.

Ketiga pemain itu adalah Arhan, Septian David Maulana, dan Alfeandra Dewangga. Ketiganya dipanggil bersama 34 pemain lainnya. Tetapi hingga kini belum ada rilis resmi dari PSSI tentang siapa saja pemain yang dipanggil TC Timnas senior.

“Kita tunggu saja keterangan resminya. Kami berharap nama Arhan benar-benar masuk dalam 34 pemain yang akan menjalani TC Timnas senior,’’ kata Abdul Muis.

Dalam keterangan PSSI sebelumnya, pelatih Shin TaeyYong berencana memanggil 34 pemain untuk pemusatan latihan pertamanya bersama Timnas Indonesia. Belakangan beredar di media sosial nama-nama yang dipanggil untuk mengikuti TC di Jakarta.

Dari daftar bocoran 34 pemain nama itu, terdapat pemain-pemain muda seperti Muhammad Adi Satrio, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan Alif, dan Irfan Jauhari.

Keempat pemain itu saat ini tercatat sebagai pemain timnas U-19 Indonesia yang beberapa waktu lalu mengikuti pemusatan latihan di Chiangmai, Thailand.

Pratama Arhan Alif Rifai saat ini tercatat sebagai pemain PSIS Semarang. “Masyarakat Blora tentu menunggu ada anak Blora di Timnas senior,” kata Abdul Muis.

Sesuai jadwal, ada dua laga sisa babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang akan dijalani Timnas Indonesia. Mereka akan bertandang ke markas timnas Thailand pada 26 Maret dan menjamu timnas Uni Emirat Arab pada 31 Maret depan.

Sumber: tempo.co

Editor: suci.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.