HETANEWS

Kejari Siantar Sosialisasi Peran Jaksa sebagai Pengacara Negara di Pemko

Tim JPN bersama Wali Kota Pematangsiantar, Hefriansyah di acara sosialisasi JPN. (foto/ay)

Siantar, hetanews.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Pematangsiantar sosialisasi peran dan fungsi jaksa, sebagai pengacara negara (JPN) kepada pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat dan lurah, di lingkungan Pemko setempat.

Sosialisasi berlangsung di ruang data Pemko Pematangsiantar, Jumat (7/2/2020), dihadiri Pj. Sekda dan Wali Kota.

Menurut Kepala Seksi Intelijen (Intel) Kejari Siantar, Bas Faomasi Jaya Laia, peran dan fungsi JPN melakukan pendampingan hukum kepada pemerintah dalam bidang keperdataan.

Dicontohkan, jika adanya gugatan kepada instansi/pemerintah daerah, maka jaksa selaku pengacara Negara, memberikan pendampingan melalui surat kuasa khusus (SKK) untuk  atau bertindak dalam penanganan perkara perdata tersebut.

Segala peran dan fungsi JPN, dipaparkan oleh Kepala Seksi bidang Perdata & Tata Usaha Negara (Datun), Robinson Sihombing.

Kajari Pematangsiantar, Herrus Batubara yang juga hadir sebagai narasumber, mengakui, jika selama ini masyarakat umum mengenal kejaksaan sebagai lembaga penegakan hukum yang melaksanakan kewenangan penyidikan tindak pidana korupsi dan melakukan penuntutan tindak pidana umum di pengadilan.

Padahal selain mempunyai kewenangan penyidikan dan penuntutan, kejaksaan juga mempunyai kewenangan di bidang Datun, yang belum begitu dikenal secara luas oleh masyarakat.

Selain menyampaikan kewenangan kejaksaan di bidang Datun, Kejari Pematangsiantar selalu mendukung program pembangunan yang dicanangkan Pemko Pematangsiantar, demi keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan daerah. Serta selalu  bersinergi dalam upaya pencegahaan, serta melakukan tindakan agar tidak timbulnya penyimpangan dan kerugian keuangan daerah, ujar Herrus.

Sosialisasi dibuka oleh Wali Kota Pematangsiantar, H Hefriansyah SE MM yang mengakui, jika selama ini Pemko dan masyarakat Kota Pematangsiantar  secara umum mengenal kejaksaan sebagai lembaga penegakan hukum, yang hanya melaksanakan kewenangan penyidikan ataupun melakukan penuntutan tindak pidana di pengadilan. Padahal, kejaksaan juga mempunyai kewenangan dapat memberikan bantuan hukum, pelayanan hukum, pendampingan hukum, dan tindakan hukum lainnya di bidang Datun, namun belum begitu dikenal secara luas di lingkungan Pemko Pematangsiantar.

Karenanya, kata Hefriansyah, dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, Pemko Pematangsiantar dapat memanfaatkan fungsi dan kewenangan yang dimiliki kejaksaan dalam menghadapi permasalahan di bidang Datun, serta pelayanan hukum lainnya.

“Untuk itu, saya selaku wali kota atas nama Pemerintah Kota Pematangsiantar mengharapkan agar Kejaksaan Negeri Pematangsiantar melalui kewenangannya untuk selalu mendukung program pembangunan yang direncanakan Pemerintah Kota Pematangsiantar. Hal tersebut bertujuan demi keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan daerah, serta selalu terus dapat bersinergi dalam upaya pencegahan perbuatan melawan hukum, baik administrasi perdata dan pidana di Kota Pematangsiantar,” ungkapnya.

Selain itu, Hefriansyah mengatakan, Pemko Pematangsiantar dan Kejari Pematangsiantar telah menandatangani perjanjian kerjasama Nomor 183.1/78/IX/PERJ/Wk-Thn 2015 dan Nomor B-1378/N.2.12/Gs.I/09/2015 Tanggal 17 September 2015 tentang Pemberian Bantuan Hukum dan Pelayanan Hukum.

“Kami berharap kerjasama ini bertujuan menyelesaikan masalah hukum di bidang perdata dan Tata Usaha Negara, baik di luar maupun di dalam pengadilan yang dihadapi oleh SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Pematangsiantar. Serta dapat memberikan pelayanan hukum yang meliputi pemberian bantuan hukum, pertimbangan hukum, dan pendampingan hukum,” ujarnya.

Sebelumnya Kepala Bagian Hukum Setda Kota Pematangsiantar, Herri Okstarizal SH dalam laporannya mengatakan, tujuan sosialisasi ini untuk meningkatkan efektivitas penanganan masalah hukum dalam bidang Datun  dan dapat memanfaatkan fungsi dan kewenangan yang dimiliki kejaksaan dalam menghadapi permasalahan di bidang keperdataan dan pelayanan hukum lainnya.

Penulis: ay. Editor: gun.

Ikuti kami di Twitter, Instagram, Youtube, dan Google News untuk selalu mendapatkan artikel berita terbaru dari Heta News.