HETANEWS

Cerita Mahfud Singapura Marah soal Karhutla tapi Teratasi Era Jokowi

Mahfud Md: Kadek Melda Luxiana

Jakarta, hetanews.com -  Menko Polhukam Mahfud Md melakukan pertemuan dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya. Pertemuan digelar untuk membahas persiapan rapat koordinasi nasional (Rakornas) soal kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang sempat membuat negara tetangga marah.

Pertemuan digelar di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Rabu (5/2/2020). Siti dan Mahfud membahas Rakornas yang akan diselenggarakan Kamis (6/2).

"Kita berdiskusi dengan Ibu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam rangka besok akan menerima arahan dari Presiden dalam rakornas tentang antisipasi atau Mitigasi Karhutla," Kata Mahfud di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (5/2/2020).

Mahfud mengatakan kebakaran hutan menjadi permasalahan penting di Indonesia sebab terjadi hampir setiap tahun. Mahfud mencontohkan kebakaran hutan hebat di tahun pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjabat, yang membuat negara tetangga geram.

"Itu biasanya setiap tahun itu selalu menjadi catatan masalah, dan setiap tahun pula itu dipimpin langsung oleh Presiden rapat. Dan supaya diketahui, ketika Presiden pada tahun pertama memimpin kebakaran hutan itu kan terjadi luar biasa sampai Singapura dan Malaysia marah-marah," ujarnya.

Menurut Mahfud, Presiden Jokowi cepat menangani masalah Karhutla ini. Mahfud juga menyebut dari tahun ke tahun penanganan Karhutla semakin teratasi.

"Tapi sejak Pak Jokowi jadi Presiden itu teratasi sampai sekarang. Kita itu dari tahun ke tahun jadi membaik dan dari negara-negara yang punya masalah karhutla, Indonesia itu sekarang sebenarnya paling kecil lahan yang terbakar itu menurun dan alhamdulillah terus membaik," ucapnya.

"Australia, Kanada, Brazil dan Rusia itu luar biasa kalau karhutla. Kita alhamdulillah selalu membaik dari waktu ke waktu. Dan itu memang penanganan dipimpin langsung oleh Presiden. Dan besok akan mulai rapat," sambungnya.

sumber: detik.com

Editor: sella.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.