HETANEWS

'Tarik Ulur' Penempatan Jabatan Sekretaris Dewan

Siantar, hetanews.com - Posisi Sekretaris DPRD Pematangsiantar [Sekwan]hingga kini  masih dijabat oleh Pelaksana tugas [Plt].  Sejak tahun lalu, DPRD dan Walikota Pematangsiantar saling ‘tarik-ulur‘ menetapkan posisi  Sekwan defenif.

Dari hasil  lelang JPTP pada Juni 2018, diketahui hanya 3 nama yang mengambil jabatan Sekwan. Ketiga yang dikategorikan pemilik ranking terfinggi ialah Eka Hendra, Elin Sayuti dan Kartika Asmaraida.

Baca juga: 8 Jabatan yang Dilelang, 45 Pejabat Ikut Seleksi JPTP

Walikota Hefriansyah pada Agustus 2018 hanya merekomendasi 1 nama calon Sekwan yang lolos ke Pimpinan DPRD saat itu. Melalui surat, pimpinan DPRD kemudian menolak mentah-mentah rekomendasi itu.

DPRD meminta nama-nama calon Sekwan yang lulus dibarengi hasil assessment test. Tak lama setelah itu, Walikota kembali membalas surat dan memberi rekomendasi baru dengan 3 nama pemilik ranking tersebut.

Hanya saja, saat itu jelang pergantian masa jabatan anggota DPRD periode 2019-2024, penempatan jabatan Sekwan itu pun terkatung-katung. Alih-alih mengatakan, dari 3 nama yang direkomendasi Walikota itu tidak terlalu diterima DPRD.

Baca juga: Walikota Hefriansyah Rekom 1 Nama Calon Sekwan, DPRD Siantar Menolak

Kemarin, Walikota Hefriansyah menemui Ketua DPRD Pematangsiantar, Timbul Marganda Lingga. Timbul Lingga mengatakan kedatangan Hefriansyah untuk berkonsultasi tentang penempatan Sekwan.

"Kita sudah sarankan agar berkoordinasi dengan Mendagri,"ujar Timbul saat itu. 

Terpisah, Plt BKD Pematangsiantar, Heryanto Siddik membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan pihaknya juga sudah mengirimkan 3 nama ke Pimpinan DPRD.

“Pimpinan DPRD meminta kita mengirimkan seluruh nama peserta Lelang Jabatan khusus Sekwan, sudah kita kirimkan kemarin ke Pimpinan DPRD,” katanya, Selasa (4/2/2020).

Baca juga: Marulitua: Jabatan Sekwan Akan Ditetapkan Pekan Ini

Disinggung apa kemungkinan akan dilakukan pelantikan, Heryanto membenarkan itu. “Untuk pelantikan dimungkinkan, mengacu UU No 10 Tahun 2016 Pasal 71 ayat 2, yakni dengan meminta persetujuan tertulis dari Menteri Dalam Negeri,” jelasnya.

Dari ke-3 nama yang direkomendasikan diantaranya adalah Eka Hendra, yang baru dilantik sebagai Sekretaris di BPBD pada 6 Januari 2020. Kemudian Elin Sayuti yang kini menjabat sebagai Kabid Politik Dalam Negeri Kesbangpol Pematangsiantar.

Baca juga: Ketua DPRD Siantar: Satu Orang Rekom Wali Kota Belum Tentu Menang

Penulis: gee. Editor: edo.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.