Deliserdang, hetanews.com - Hamparan sawah membentang luas di Desa Wisata Sawah Pematang Johar, Jalan Johar, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deliserdang. Pemandangan hijau di lahan seluas seribuan hektare ini memberikan kesejukan dan menyegarkan pikiran.

Kesan tersebut dirasakan Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah atau biasa disapa Ijeck ketika meresmikan Desa Wisata Sawah Pematang Johar, Senin (3/2).

"Luar biasa anugerah yang kita miliki di Sumut. Patut kita apresiasi," ujarnya, dalam keterangan resmi diperoleh Analisadaily.com, Selasa (4/2).

Ijeck berharap Desa Wisata Sawah Pematang Johar menjadi inspirasi bagi kepala desa lainnya di kabupaten/kota Sumut untuk menciptakan inovasi dan kreativitas di desa masing-masing.

"Banyak potensi-potensi di desa. Saya berharap semakin banyak kepala desa yang berpikir kreatif dan memajukan desa, apalagi sudah didukung dengan dana desa," pesannya.

Menurut Ijeck, keberadaan desa wisata seperti ini bukan hanya menguntungkan untuk pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa semata, tetapi juga menunjang aspek lainnya seperti terciptanya ruang rekreasi positif maupun sebagai pengingat untuk melestarikan alam.

Kepala Desa Pematang Johar, Sudarman, mengaku sangat bangga bisa menghadirkan tamu-tamu terhormat untuk mengunjungi desanya, sekaligus menyaksikan peresmian Desa Wisata Sawah Pematang Johar yang dikelola dengan usaha dan jerih payah yang tak mudah.

Sudarman berbagi ide untuk membuat desa wisata lantaran ditantang oleh Bupati Deliserdang, Azhari Tambunan, untuk membuat tempat wisata yang mampu mendatangkan orang luar ke Deliserdang.

"Alhamdulillah, tidak hanya luar Sumatera, bahkan luar Indonesia sudah ada yang berkunjung ke sini. Saya ucapkan terima kasih untuk semua pihak yang telah mendukung," tuturnya.

Sumber: analisadaily.com