HETANEWS

Mantan PM Selandia Baru Mike Moore Tutup Usia

Mantan PM Selandia Baru, Mike Moore tutup usia.

Selandia Baru, hetanews.com - Mantan Perdana Menteri Selandia Baru Mike Moore meninggal dunia pada Minggu (2/2). Ia meninggal pada usia 71 tahun.

Moore terpilih sebagai anggota parlemen Selandia Baru termuda di usia 23 tahun tepatnya di 1972. Ia mewakili Partai Buruh.

Selama hidup, ia memiliki banyak prestasi di dunia politik. Ia dipercaya memimpin Partai Buruh periode 1984-1990. Ia juga pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) pada periode 1999-2002.

Selanjutnya, ia diangkat menjadi Duta Besar Selandia Baru untuk Amerika Serikat pada 2010. Selama mewakili Selandia baru, ia memainkan peran penting dalam meningkatkan hubungan antara kedua negara dan mempromosikan perjanjian perdagangan Trans-Pacific Partnership.

Ia memiliki lima gelar doktor kehormatan dalam bidang perdagangan, ekonomi, dan hukum.

Moore menghabiskan masa kecilnya i wilayah Northland, Selandia Baru. Sebetulnya, ia ingin menghabiskan bulan-bulan terakhirnya di sana, tetapi harus kembali ke Auckland pada Januari karena faktor kesehatan.

Istri Mike Moore, Yvonne Moore bercerita bahwa mendiang suaminya tumbuh besar di Northland dan menyebut sosoknya sebagai pejuang sepanjang hidup dan kariernya.

"Itulah yang mendorongnya untuk menjadi anggota Partai Buruh Selandia Baru pada usia 16 tahun. Ia keras kepala, optimis, dermawan, dan baik hati," kenang Yvonne.

Pada usia 15 tahun, Moore kecil memutuskan untuk meninggalkan sekolah. Ia lantas bekerja sebagai seorang buruh.

"Mike selalu percaya bahwa kecintaannya pada membaca dan kerja keras akan mengatasi kurangnya pendidikan formal," ujar Yvonne. 

sumber: cnnindonesia.com

Editor: sella.