HETANEWS

Dubes AS Diharap Bantu Promosikan Sumut

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, bersama Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah, dan Dubes AS, Joseph R Donovan Jr, di Bandara Internasional Kualanamu

Medan, hetanews.com - Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) Joseph R Donovan Jr diharapkan tetap dapat membantu mempromosikan Sumatera Utara (Sumut) dari berbagai sektor, utamanya sektor pariwisata ke dunia internasional meski tidak bertugas lagi di Indonesia.

Harapan itu disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dalam pertemuan singkat di Bandara Internasional Kualanamu, Jumat (31/1) kemarin.

Menurut Edy, dengan berakhirnya masa tugas Joseph sebagai Dubes di Indonesia, maka hubungan kenegaraan tetap akan dilanjutkan oleh pejabat yang baru nantinya. Namun dirinya mengharapkan di masa mendatang, Joseph berkenan datang kembali ke Indonesia, terutama ke Sumut.

“Semoga nanti setelah kembali ke Amerika, Bapak masih bisa menyempatkan diri untuk datang lagi ke sini. Secara pribadi, pasti akan kita sambut,” ujar Edy, ditulis Analisadaily.com, Sabtu (1/2).

Begitu juga dari Sumut, Edy berkeinginan untuk melakukan kunjungan ke Amerika sebagai bentuk balasan kehadiran. Sebab selama tiga tahun menjabat sebagai Dubes, Sumut seperti menjadi provinsi yang mendapat perhatian khusus.

Senada dengan itu, Wagub Sumut, Musa Rajekshah, yang akrab disapa Ijeck, menyampaikan rasa terima kasih atas perhatian Negara Paman Sam itu melalui perwakilannya di Indonesia, terutama di provinsi Sumut.

“Semoga kehadiran Bapak di Sumut menjadi kenangan indah dan bisa kembali lagi ke sini suatu saat,” harap Ijeck.

Dubes AS, Joseph R Donovan Jr, mengaku keberadaannya di Indonesia selam 3 tahun memberikan kenangan indah secara pribadi. Ia merasa waktu yang dilalui terasa begitu cepat. Baginya Nusantara begitu besar dan indah, termasuk kekayaan alam dan budaya di Sumut yang beragam.

“Saya harus pamit kepada Indonesia. Tetapi tidak sah rasanya kalau saya tidak pamitan kepada Sumut. Karena saya juga punya kenangan di sini. Mungkin saya akan kembali lagi ke sini,” sebut Joseph.

Pada pertemuan singkat itu, Edy dan Ijeck menyematkan kain ulos kepada Joseph dan istri sebagai penghormatan, sekaligus ucapan selamat jalan yang dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan balasan dari Dubes AS berupa plakat, jam tangan, buku serta pin lambang kenegaraan.

Sumber: analisadaily.com 

Editor: suci.