HETANEWS

Dishub Biarkan Trotoar Dikelola Untuk Lahan Parkir

Trotoar yang dijadikan lahan Parkir di Jalan Sutomo Pematangsiantar, Jumat 31 Januari 2020.

Siantar, hetanews.com - Pengelolaan parkir tepi jalan Dishub Pematangsiantar kerap menjadi sorotan. Kali ini ditemui pengelolan parkir memakai trotoar di beberapa titik di Jalan Merdeka dan Jalan Sutomo, Kota Pematangsiantar.

Sesuai Perwa No 35 Tahun 2017 tentang pengelolaan parkir tepi jalan umum, tidak disebutkan pengelolaan parkir diatas trotoar. Sesuai fungsinya, trotoar jalan merupakan sarana publik yang diperuntukkan untuk pejalan kaki. 

Pengakuan seorang Juru Parkir [Jukir] yang ditemui di salah satu toko buah di Jalan Sutomo, Kamis (30/1) sore, mengaku menyetor uang dari Rp 30 ribu- Rp 40 ribu dari hasil parkir di atas trotoar.

Sama halnya dengan Jukir yang bertugas di depan toko perabot di Jalan Merdeka. Hasil parkir di trotoar disetorkan ke oknum yang mengaku sebagai penanggung jawab. 

"Menyetor sama orang Rambung Merah [inisal GS]. Setoran saya Rp 200 ribu ikut di depan (tepi jalan umum). Mungkin dia [GS] itu berurusan sama Dishub," ucap pria yang punya tanda pengenalan Jukir ini, Jumat  (31/1/2020).

Kasi Terminal Parkir dan Perlengkapan Jalan Dishub Pematangsiantar, Muhammad Sofyan, mengakui jika trotoar tidak diperuntukkan untuk pengelolaan parkir. 

Ia membantah jika Dishub menerima setoran dari pengelolaan parkir di trotoar tersebut. Sofyan juga mengatakan bahwa kutipan parkir di atas trotoar untuk sepeda motor itu adalah pungutan liar. 

"Kami akan mengingatkan Jukir untuk mengarahkan pemilik sepeda motor untuk tidak parkir di trotoar. Dan kepada pemilik sepeda motor agar tidak parkir di trotoar," katanya, Jumat sore.

Terkait Jukir yang melalukan pengutipan parkir di trotoar, melalui kordinator akan memanggil Jukir untuk memberitahu kesalahan tersebut.

"Ini diluar pengetahuan kita. Yang kami tahu hanya pengelolaan parkir tepi jalan sesuai zonasi. Kalau ada kutipan diluar itu illegal," ucapnya. 

Disinggung mengenai tindakan apa yang akan dilakukan untuk menertibkan parkir di atas trotoar, Sofyan berpendapat jika pemilik kendaraan juga bersalah sebab parkir di atas trotoar. 

Penulis: gee. Editor: edo.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.