HETANEWS

BNNP Aceh Tolak Usul PKS soal Ekspor Ganja: Masyarakat Belum Siap

Aceh, hetanews.com - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh menanggapi usulan ganja menjadi komoditas ekspor yang dilontarkan oleh anggota DPR Rafli Kande. Mereka mengaku tidak sepakat dengan usulan ekspos ganja itu karena masyarakat dinilai belum siap.

“Kalau kami dari BNNP Aceh tidak sependapat. Artinya, kita melarang karena masyarakat Aceh belum siap,” kata Plt Kepala BNNP Aceh Amanto, saat dikonfirmasi kumparan, Jumat (31/1).

BNNP menilai masih banyak masyarakat terutama Aceh yang belum memiliki pengetahuan mumpuni terkait manfaat dan kegunaan ganja. Sebab masih banyak masyarakat menyalahgunakan ganja.

BNN, Ganja, Aceh Selatan
Anggota Badan Narkotika Nasional (BNN) mencabut pohon ganja yang ditemukan di Aceh Selatan.

“Memang perlahan masyarakat Aceh mulai sadar. Akan tetapi, jika itu dilegalkan takutnya disalahgunakan oleh sebagian masyarakat yang belum sadar,” ucap Amanto.

Akan tetapi, jika rencana ekspor ganja nantinya akan diterapkan oleh pemerintah, BNNP Aceh akan menuruti hal itu. Namun BNNP Aceh ingin ada regulasi yang jelas dan pengawasan yang ketat.

“Itu harus ada regulasi yang jelas, pengawasannya bagaimana, terus soal lokasi tempat tertentu serta dalam pengawasan siapa yang berwenang untuk mengawasi,” tutur Amanto.

Usulan ekspor ganja itu pertama kali disampaikan oleh Rafli Kande yang merupakan anggota DPR RI Fraksi PKS. Anggota DPR asal Aceh itu mengusulkan ekspor ganja saat rapat kerja dengan Menteri Perdagangan Agus Suparmanto.

"Ganja entah itu untuk kebutuhan farmasi, untuk apa saja jangan kaku. Kita harus dinamis berpikirnya. Jadi ganja ini di Aceh tumbuhnya itu mudah," kata Rafli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (30/1).

Selain itu, Rafli merasa kalau cara menanam ganja itu tidaklah sulit. Sehingga, ia menyarankan kepada Agus agar bisa membuat ganja menjadi komoditas ekspor.

Sumber: kumparan.com 

Editor: suci.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.