HETANEWS

Virus Korona Ganggu Event Besar Olahraga di Tiongkok

Suasan X Games 2019 di Shanghai, Tiongkok. (STR / AFP)

Chongli, hetanews.com - Sejumlah event olahraga dijadwalkan bakal bergulir di Tiongkok pada awal tahun ini. Namun, itu gagal terjadi karena adanya serangan virus Korona.Terkini, ada ajang X-Games yang ditunda. Event olahraga ekstrem itu tadinya harus bergulir di Chongli yang berada di utara provinsi Hebei pada 21-23 Februari mendatang.

Seperti dilansir Reuters, momen tersebut merupakan kesempatan pertama Tiongkok sebagai tuan rumah X-Games. Lokasi event-nya juga diproyeksikan sebagai salah satu venue Olimpiade Musim Dingin 2022.

Hingga kini, wabah virus Korona telah menyerang lebih dari 6.000 warga Tiongkok dan 132 jiwa di antaranya meninggal dunia. Virus yang gejalanya seperti flu itu muncul sejak akhir tahun lalu di Wuhan yang juga bagian dari provinsi Hubei.

"Berhubung adanya serangan virus Korona, event X-Games Chongli 2020 terpaksa ditunda sampai waktu yang belum ditentukan," kata panitia event."Keamanan atlet, staf dan penonton adalah prioritas utama kami. Selanjutnya, kami akan memonitor terus perkembangan situasi di sana," tambahnya.

Provinsi Hubei merupakan salah satu perhatian utama pemerintah Tiongkok untuk penanganan virus Korona. Bahkan, semua maskapai penerbangan dilarang beraktifitas di sana.X-Games hanya salah satu event olahraga yang jadi korban.

Sebelumnya, ada Kualifikasi Olimpiade sepak bola putri yang dipindahkan ke Australia dan turnamen tenis Fed Cup Dongguan yang dialihkan ke KazakhstanKualifikiasi Olimpiade cabang olahraga tinju juga dipindahkan dari Wuhan ke Yordania.

Begitu pula dengan kualifikasi Olimpiade bola basket putri yang dioper ke Serbia.Masih banyak agenda besar olahraga di Tiongkok yang berpotensi terganggu karena wabah virus Korona. Berikut daftarnya:

- World Cup Alpine Skiing, Beijing (12-16 Februari)
- Tour of Hainan Cycling, Hainan (23 February - 1 Maret) *dibatalkan
- World Series Diving, Beijing (7-9 Maret) *dibatalkan
- World Indoor Athletics Championships, Nanjing (13-15 Maret)
- Formula E, Sanya (21 Maret)
- Tiongkok vs Maladewa, Kualifikasi Piala Dunia FIFA (26 Maret)
- Tokyo 2020 Wrestling Asia Qualifiers, Xi’an (27-29 Maret)
- China Open Snooker, Beijing (30 Maret-5 April)
- F1 Shanghai Grand Prix, Shanghai (17-19 April)
- Badminton Asia Championships, Wuhan (21-26 April)
- World Series Synchronised Swimming, Suzhou (23-25 April)
- China Open Golf, Shenzhen (23-26 April)
- Chengdu ITU Mixed Relay Olympic Triathlon Qualification, Chengdu (9-10 Mei)
- Diamond League Athletics, Shanghai (10 Mei)
- China Open Table Tennis, Shenzhen (12-17 Mei)

Sumber: medcom.id

Editor: tom.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.