HETANEWS

137 Pelamar PPK Pilkada Medan 2020 Gagal Lolos Seleksi Berkas Administrasi

Kantor KPU Kota Medan di Jalan Kejaksaan. (Foto: Antara)

Medan, hetanews.com - Sedikitnya 578 orang melamar menjadi calon panitia pemilihan kecamatan (PPK) untuk Pilkada Medan 2020. Dari jumlah tersebut, 137 orang di antaranya dinyatakan tidak lolos pada tahapan seleksi karena persoalan berkas administrasi.

Ketua KPU Medan Agussyah R Damanik mengatakan, dalam tahapan selanjutnya, hanya 441 calon PPK yang berhak mengikuti ujian computer asissted test (CAT). Ujian ini diagendakan digelar di Pusat Sistem Informasi Universitas Sumatera Utara (USU).“Mereka yang lolos akan mengikuti ujian CAT pada 30 Januari 2020 mendatang di USU," kata Agussyah, Selasa (28/1/2020).

Dia menjelaskan, penyebab tidak lolosnya peserta calon PPK tersebut terjadi karena beberapa faktor. Seperti ijazah yang tidak dilegalisir, calon peserta yang sudah dua periode bertugas, pelamar yang bukan berdomisili di Kota Medan hingga kurang ketelitian dengan tidak mencantumkan nama kecamatan dalam lamaran.

"Jadi banyak hal yang membuat mereka diputuskan tidak lolos pada tahapan ini," katanya.Agussyah memastikan proses seleksi sangat tegas dalam memutuskan para calon yang lolos maupun yang tidak. Karena pada tahapan ini, mereka juga sekaligus melihat tingkat kepatuhan para peserta dalam melengkapi seluruh berkas dokumen.

"Karena nanti saat jadi anggota PPK, mereka itu akan banyak berurusan dengan teknis administrasi. Nah, dari sini tentu kami bisa lihat mereka orang-orang yang patuh atau tidak soal administrasi," kata Agussyah.

Sumber: inews.id

Editor: tom.