HETANEWS

5 Hal Menarik dari Pembangunan Fasilitas di Danau Toba

Danau Toba masuk dalam KSPN (Foto: Instagram/yudiansyahptra)

Hetanews.com - Pemerintah Indonesia telah menetapkan lima kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) atau Bali Baru dengan status super prioritas. Di kawasan tersebut pemerintah berencana mempercepat pembangunan infrastruktur dengan berbagai fasilitas pendukung.

Salah satu di antaranya adalah Danau Toba, Sumatera Utara. Dengan pontensi keindahan alam yang luar biasa, tidak salah jika daerah ini menjadi salah satu pilihan utama pemerintah. Melalui program tersebut, Danau Toba diharapakan menjadi salah satu destinasi pilihan yang mendunia.

Pemerintah menargetkan pembangunan ini selesai di tahun 2020. Berikut adalah beberapa pembangunan fasilitas, infrastruktur dan sarana-prasarana yang sedang berlangsung di Danau Toba.

Fasilitas Glamping

Danau Toba akan memiliki fasilitan glamping (Foto: travelcontinuously)

Belakangan ini glamping menjadi tren yang marak di kalangan millennials. Glamping merupakan cara cepat dan praktis untuk berkemah. Sangat cocok bagi generasi millennials yang mau serba praktis. Meski kamarnya berbentuk tenda, fasilitas di sana seperti hotel berbintang.

Konsep Sustainable Tourism

Memanfaatkan SDA dan SDM secara maksimal (Foto: researchleap)

Dengan potensi yang dimiliki Danau Toba, ketersediaan lapangan pekerjaan makin lebar. Oleh karena itu, konsep sustainable tourism jadi pilihan tepat untuk diterapkan terkait dengan segala pembangunan fasilitas yang ada. Sumber daya alam dan sumber daya manusia akan dimanfaatkan pada konsep ini dan destinasi Danau Toba diharapakan akan semakin maju.

Keindahan Alam dan Budaya

Memanfaatkan SDA dan SDM secara maksimal (Foto: Instagram/zoelfaa.semesta)

Wisata desa akan mulai dijalankan. Karena itulah revitalisasi rumah adat Batak dan berbagai arsitektur khas budaya asli akan terus dilakukan. Hal ini bertujuan agar budaya tersebut tidak hilang dan akan selalu menjadi daya tarik para pelancong.

Aksesibilitas

Bandara Sibisa (Foto: Instagram/dpdasitasumut)

Pembangunan ini juga menyusur bagian-bagian pendukung lainnya seperti faktor aksesibilitas. Bandar Udara Sibisa salah satunya yang sedang melakukan persiapan. Bandar udara Sibisa berjarak 4-5 kilometer dari Danau Toba. Persiapan yang dilakukan terdiri dari perluasan terminal dan penambahan jarak runaway pesawat.

Unique Selling Point – UNESCO GLOBAL GEOPARK

Diakui sebagai geopark oleh UNESCO (Foto: Instagram/goadvmdn)

Danau Toba sudah diakui sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Nah, nantinya akan ada atraksi kelas dunia yang dimiliki Danau Toba ini. Dengan pagelaran bergengs, diharapkan akan menjadi daya tarik para pelancong untuk berpelesiran di Danau Toba.

Sumber: merahputih.com

Editor: tom.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.