HETANEWS

Pasca Polisi Gagal Razia di Lapas Siantar, Kanwil Tes Urine Seluruh Pegawai, Ini Hasilnya

Kalapas Porman Siregar dan Humas Hiras Silalahi saat menyerahkan urine kepada petugas. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Pasca Polres Simalungun gagal merazia Lapas Klas IIA Siantar, pada Jumat (24/1/2020) malam, bahkan sempat terjadi keributan antara petugas Polres dan Sipir (sesuai keterangan pihak Lapas yang mengatakan "kaget" dengan operasi tersebut), hari ini, Selasa (28/1/2020), semua petugas Lapas dites urine.

Hal itu dikatakan Kalapas, Porman Siregar, kepada wartawan, pagi tadi, di Lapas Klas IIA Siantar, jalan Asahan Km 7.

Menurut Porman yang didampingi Humas, Hiras Silalahi, pihaknya secara terang - terangan akan menindak tegas setiap pegawai yang terbukti terlibat dalam narkotika.

"Saya akan tindak tegas siapa pun pegawai yang terindikasi narkotika, jadi kita tidak menutup-nutupi, “ungkapnya.

Bahkan dirinya ikut tes urine dan siap mendukung program pemerintah dalam pemberantasan narkotika, termasuk di dalam Lapas. Tes urine langsung dilakukan oleh Kanwil Menkumham Sumut, terhadap 137 pegawai.

Lebih lanjut dikatakan Porman, jika nantinya ada pegawai yang terindikasi atau urinenya positif mengandung zat adiktif akan dilaporkan kepada atasannya (Kemenkumham) untuk ditindak lanjuti.

Tes urine terhadap 137 pegawai Lapas dilakukan sejak pukul 10.00 WIB, sampai dengan selesai. Dan hasilnya diumumkan pada siang itu juga. Karena tim Kanwil sudah membawa peralatan dan dokter, hingga tidak perlu menunggu waktu lama untuk mengetahui hasilnya.

Menurut Kabid Kamtib, Kriston Napitupulu BciP, mewakili Kanwil Sumut, dari jumlah pegawai 137 yang tes urine, sebanyak 126 dinyatakan negatif. Sedangkan pegawai yang cuti sakit dan izin, sebanayak 11 orang  akan tetap dites urine, jelasnya.

Penulis: ay. Editor: gun.