HETANEWS

6 Mahasiswa Asal Riau Terisolasi di Wuhan, Pemprov Siapkan Langkah Pemulangan

Sekda Riau, Yan Prana Jaya Indra Rasyid

Riau, hetanews.com - Enam orang mahasiswa asal Riau diketahui terisoloasi di kota asal virus Corona, Wuhan, Provinsi Hubei, China. Setelah mendapat informasi tersebut, Pemerintah Provinsi Riau berencana mengevakuasi mereka.

"Alhamdulillah mahasiswa kita di Wuhan dalam kondisi kesehatan yang baik," ujar Sekda Riau, Yan Prana Jaya Indra Rasyid, Senin (27/1).

Yan menyebutkan, pihaknya akan bekerjasama dengan konsulat jenderal dan duta besar Indonesia di China. Koordinasi itu dilakukan untuk rencana pemulangan mahasiswa tersebut ke Riau.

"Setiap saat kita komunikasi dengan Dubes dan Konjen di sana. Kondisi kesehatannya juga kita pantau," terangnya.

Jika keenam mahasiswa itu sudah tiba di Riau, Yan menyebutkan pihaknya telah menyiapkan ruangan khusus untuk mereka di Rumah Sakit. Bahkan alat pengukur suhu tubuh atau thermal scanner juga akan dilalui para mahasiswa itu ketika mendarat di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

"Di rumah sakit sudah disiapkan, alat thermal scaner juga sudah ada di Bandara SSK Pekanbaru," jelasnya.

Menurutnya, alat-alat serta obatan-obatan jika ada pasien yang terjangkit virus corona juga sudah disediakan. Bahkan jalur evakuasi juga ada bagi pasien yang terinfeksi agar tidak menular ke orang lain.

"Pada prinsipnya kita tidak ingin ada penyebaran virus corona di Riau. Namun jika ditemukan, kita sudah siapkan tempat pengobatan, ada 4 ruangan di IGD Rumah Sakit Umum," jelas Yan.

sumber: merdeka.com

Editor: sella.