HETANEWS

'Harga' Mbappe Lebihi Anggaran Kementerian Tito Karnavian

kylian Mbappe. Foto: nike.com

Jakarta, hetanews.com - CIES Footbal Observatory, lembaga riset sepakbola yang berbasis di Swiss, kembali merilis daftar terbaru valuasi pesepakbola termahal dunia. Kylian Mbappe, penyerang 21 tahun asal Prancis, masih menduduki peringkat teratas.

Dalam pemeringkatan terbaru yang dirilis 7 Januari 2020, jasa Mbappe ditaksir bernilai EUR 265,2 juta. Dengan kurs saat ini, nilainya setara dengan Rp 4,05 triliun.

Menariknya, valuasi Mbappe lebih mahal ketimbang sejumlah anggaran kementerian di Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020. Misalnya Kementerian Perdagangan (Rp 3,6 triliun), Kementerian Perindustrian (Rp 3 triliun), atau Kementerian Dalam Negeri (Rp 3,4 triliun).

Jadi kalau ada klub yang berani menebus Mbappe dari Paris St Germain (Prancis), maka akan melibatkan uang yang lebih dari cukup untuk membiayai operasional sebuah kementerian selama setahun penuh. Satu orang 'dihargai' lebih tinggi dari satu kementerian.

Mbappe adalah Fenomena

Mbappe memang fenomenal. Meski baru berumur 21 tahun, tetapi sepertinya jagat sepakbola sudah berada di kakinya. Tidak ada yang membantah talenta yang dimiliki pemuda kelahiran Paris tersebut.
Dunia mulai melirik Mbappe pada musim 2016-2017.

Kala itu dia masih membela sesama klub Prancis, AS Monaco.Pada musim tersebut, Mbappe membawa Monaco merengkuh gelar juara Liga Prancis dan menembus babak semifinal Liga Champions Eropa. Mbappe mencetak 26 gol dari 44 pertandingan di seluruh kompetisi.

Musim berikutnya, Mbappe 'dipinjamkan' ke Paris St Germain. Pada musim 2017-2018, Paris St Germain sudah mendatangkan Neymar Jr dari Barcelona (Spanyol) dengan banderol EUR 222 juta (Rp 3,39 triliun) yang merupakan rekor termahal dunia sampai saat ini.

Agar tidak melanggar aturan Financial Fair Play, Mbappe didatangkan dengan status pinjaman. Musim 2018-2019, Paris St Germain membayar tuntas biaya transfer Mbappe ke Monaco yang disebut-sebut mencapai EUR 180 juta (Rp 2,75 triliun).

Di klub kota kelahirannya, Mbappe makin menggila. Hingga saat ini, Mbappe sudah membela Paris St Germain di 107 laga dan mencetak 79 gol.Kini, Mbappe menjadi ikon baru buat Paris St Germain. Dia berhasil keluar dari bayang-bayang Neymar dan siap memecahkan rekor transfer penyerang berkebangsaan Brasil tersebut, kalau ada yang berani (dan mampu) membayari

Sumber: cnbcindonesia.com

Editor: tom.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.