HETANEWS

Kantor Pindah Pengurusan Administrasi Kependudukan Makin Susah

Warga mengantri saat melakukan pengurusan catatan sipil di Kantor Disdukcapil Simalungun, Senin 27 Januari 2020.

Simalungun, hetanews.com –  Ratusan warga mengeluh pengurusan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil [Disdukcapil] Kabupaten Simalungun. Selain antrian panjang, warga juga mengeluh pemindahan lokasi perkantoran Disdukcapil.

Ratusan warga yang datang dari berbagai kecamatan terlihat mengantri saat pengurusan administrasi kependudukan seperti KTP, KK dan surat lainnya, di kompleks perkantoran Disdukcapil, Senin (27/1/2020).

Priyatno, warga kecamatan Tanah Jawa mengaku susah sekali mendapat KTP. Ia terpaksa datang subuh untuk melakukan pengurusan administrasi. “Harus datang pagi, karena jarak tempat tinggal dari sini begitu jauh,” ujarnya.

Senada disampaikan Eka Sitanggang. Menurut warga yang Tinggal di Bosar Maligas ini, setelah pemindahan lokasi perkantoran Disdukcapil, pengurusan administrasi semakin susah.

Kantor Disdukcapil kini berada di kompleks perkantoran SPKD Simalungun. “Suasananya malah semakin amburadul. Beda dengan Kantor Capilduk Simalungun sebelumnya yang saat berkantor  di Pamatang raya,”ucapnya.

Menurutnya, setelah perkantoran dipindah, jarak tempuh warga ke kantor Disdukcapil menambah biaya.

“Karena masyrakat yang datang itu ada juga yang menggunakan Angkutan Umum (Mopen) dulu pas kantornya di Pamatang Raya tinggal berhenti langsung dapat,”

“Sekarang harus jalan dulu kedalam komplek kalau tak mau keluar dana tambahan untuk Ongkos Ojek,”ungkapnya.

Baca juga: Dinas Pertanian Kabupaten Simalungun Galakkan Program Kerja Tahun Anggaran 2020

Penulis: tim. Editor: edo.