HETANEWS

Sahrudin Didakwa Curi 19 Kg Getah Milik PT Bridgeston

Terdakwa dikawal dua petugas. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Sahrudin (29), warga Bah Tobu, Nagori Bah Tobu, Kecamatan Dolok Batunanggar, Kabupaten Simalungun, didakwa mencuri 19 Kg getah milik  PT Bridgestone, di Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, Senin (27/1/2020).

Akibat perbuatan terdakwa, pihak perkebunan mengklaim kerugian Rp 163.300.                

Menurut surat dakwaan Jaksa, Ade Jaya Ismanto SH menyebutkan, pencurian itu dilakukan terdakwa, pada Rabu, 4 Desember 2019, lalu, di areal perkebunan Dolok Ulu PT Bridgestone.

Terdakwa sebelumnya sudah mempersiapkan sebuah karung bekas pupuk isi 50 Kg dan sebuah ember putih, bekas cat merek Paragon.                   

Lalu terdakwa memungut getah dari mangkok-mangkok yang tergantung di pohon rambung dan memasukkannya ke dalam ember yang sudah dipersiapkannya. Aksinya itu, dilihat dua anggota security Suyanto dan Sarmulia Sinaga dan langsung menangkap terdakwa, bersama barang bukti.                      

Jaksa menjerat terdakwa melanggar pasal 111 dan pasal 107 huruf d UU No 39 Tahun 2014 Tentang Perkebunan. Dakwaan jaksa, dibenarkan terdakwa dan untuk mendengar keterangan saksi-saksi, sidang dipimpin majelis hakim, yang diketuai Novarina Manurung, dibantu Jonni Sidabutar, sebagai panitera, ditutup dan dibuka kembali, pada Senin mendatang.

Penulis: ay. Editor: gun.