HETANEWS

Ponsel Orang Terkaya Bobol, Facebook Salahkan Apple

AS, hetanews.com - Keamanan WhatsApp dipertanyakan gegara kasus peretasan yang menimpa ponsel orang terkaya dunia, Jeff Bezos. Facebook selaku pemilik WhatsApp melontarkan pembelaan dan berkilah bahwa yang harus disalahkan itu Apple.

Diberitakan sebelumnya, menurut laporan Guardian, peretasan ponsel Bezos terjadi setelah ia menerima pesan dari Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, lewat pesan WhatsApp. Adapun pesan yang mengandung malware itu masuk di ponsel merek Apple iPhone X.

Tudingan yang dialamatkan kepada WhatsApp membuat bos Facebook angkat suara. Vice President Facebook Nicola Mendelsohn meradang dan menolak kalau layanan pesan instan yang terkenal dengan penyandiannya itu jadi penyebab.

Mendelsohn mengatakan celah keamanan dalam sistem operasi ponsel cerdas yang dipakai orang terkaya dunia itu yang harus disoroti.

"Salah satu hal yang harus disorot adalah potensi kerentanan mendasar yang ada pada sistem operasi aktual pada ponsel," ujar Mendelsohn, Senin (27/1/2020).

Ini bukan pertama kalinya WhatsApp terseret kasus soal keamanan. Dulu, WhatsApp juga sempat dirundung persoalan Spyware yang mampu mengambil data pribadi.

Malware apa itu? Dugaan mengarah pada Pegasus. Spyware buatan perusahaan asal Israel, NSO Group ini memang sangat canggih dan tahun silam bikin kehebohan lantaran ketahuan menyusup pada telepon genggam orang-orang penting melalui WhatsApp.

Facebook menyebut Pegasus menyusup melalui fitur video call dan panggilan telepon WhatsApp, yang bahkan tak perlu dijawab ioeh target serangan. Setelah disusupkan, Pegasus bisa mengeksekusi kodenya di dalam ponsel si korban lalu meraup data-data penting.

Sejauh ini, Apple sebagai perusahaan teknologi yang memproduksi iPhone X belum berkomentar terkait kejadian pembajakan ponsel Bezos.

sumber: detik.com

Editor: sella.