HETANEWS

Lapar Tengah Malam, Sehatkah Lanjut Tidur dengan Perut Kosong?

Lapar tengah malam, makan atau lanjut tidur? (Foto: iStock)

Jakarta, hetanews.com - Di malam hari dan saat terasa lapar, kita dihadapkan oleh dilema untuk makan saja atau tidur dengan kelaparan. Pilihan ini akan semakin sulit apabila kamu juga sedang dalam kondisi diet.

Dikutip dari The List, berikut adalah dampak-dampak yang bisa terjadi apabila kamu tidur dengan perut kekenyangan dan juga perut kosong, dijelaskan oleh para ahli:

1. Bisa sebabkan GERD

Jika kamu langsung berbaring usai makan besar, kemungkinan yang bisa terjadi adalah perutmu menjadi sakit. Saat kita makan di malam hari apalagi makan besar, bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya penyakit refluks gastroesofageal atau GERD, gangguan pencernaan yang membuat asam lambung naik dan mengiritasi dinding saluran makanan.

"Kadar keasaman perutmu menurun dari produksi normal sekitar jam 8-10 malam. Kadar asam yang baru ini bisa menjadi masalah jika kamu makan cemilan atau makan besar, karena tak cukup untuk mencerna makanan kompleks," kata Dr Aditi G Jha, MD, dokter umum dan kepala anggota panel medis di JustDoc.

2. Bisa membuatmu berkeringat tengah malam

Makan sebelum tidur tak hanya membuatmu mulas dan mengganggu pencernaan sehingga sulit tidur. Faktanya, menurut sebuah artikel yang dipublikasikan oleh Harvard Medical School, makan besar seperti burger atau pizza di dekat waktu tidur bisa menyebabkan tubuh berkeringat di tengah malam, karena ia memunculkan panas saat memetabolisme makanan.

"Dibutuhkan banyak energi untuk mencerna sebuah makanan, terutama makanan porsi besar. Apalagi di malam hari saat organ tubuh kerjanya melambat. Protein dan lemak bisa membutuhkan waktu lama dan membatasi tambahan energi untuk mencerna," ujar Maria Sorbara Mora, ahli diet terdaftar dan rekan pendiri Nutrition and Yoga Services at Aurora Behavioral Health di New York.

3. Mengakibatkan insomnia

Usai makan besar umumnya kita akan mengantuk, tak terpikirkan bisa menyebabkan insomnia. Lalu apakah kita harus memilih tetap tidur dengan kondisi kelaparan? Tentu saja tidak karena tidur dalam keadaan lapar juga sama bermasalahnya.

"Seringnya pergi tidur dengan perut kosong bisa memiliki dampak lebih besar daripada tidur kekenyangan. Jika kamu merasa lapar saat mencoba untuk tidur, otakmu akan menjadi sangat waspada. Hal ini disebabkan karena tubuh menyadari bahwa sedang kekurangan energi, maka kortisol akan dilepaskan untuk membangunkan kita dari tidur untuk mencari makanan," tutur ahli diet Rebecca Lewis

4. Jadi makan makanan yang tidak sehat

Biasanya makan sebelum tidur akan membuat kita jadi memilih makanan yang tidak sehat, seperti junk food atau fast food. Selain itu, makan di malam hari bisa mempengaruhi hormon ghrelin, yang meningkatkan nafsu makan dan mengatur berat badan.

Hormon ini menggunakan waktu istirahat di antara jam 8 malam hingga 8 pagi untuk mengatur ulang dirinya, namun jika kamu makan terlalu larut, kamu tak memberi tubuhmu waktu untuk hal ini. Hal ini bisa membuatmu semakin lapar di kemudian harinya dan juga memorimu dan membuatmu sulit berkonsentrasi.

Sumber: detik.com

Editor: tom.