HETANEWS

Kisah Relawan Potong Rambut Gimbal 2 Meter dan Jadi Sarang Hewan: Saya Merinding

Sukiyah, 27 tahun berdiam di rumah hingga rambutnya menjadi sarang tikus.(KOMPAS.com/DIAN ADE PERMANA)

Hetanews.com - Adrian Kurniawan Santoso, seorang relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) merasa prihatin saat kali pertama berjumpa dengan sosok Sukiyah (50) pada Rabu (22/1/2020).

Sebab, Sukiyah yang merupakan warga Dusun Karangombo, Desa Polobobo, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang tersebut hidup tidak seperti manusia pada umumnya.

Sukiyah buta sejak berusia lima tahun. Ia juga mengalami gangguan kejiwaan sejak berusia 10 tahun. Perempuan yang hidup sebatang kara itu tidak dapat berjalan.Puluhan tahun hidup Sukiyah dihabiskan di dalam rumah. Sukiyah makan, buang air besar dan kecil di ruangan yang sama.

Rambut 2 meter

Ardian Kurniawan Santosa (bertopi) memegang rambut gimbal Mbah Iyah. (Tribun Jambi/Istimewa)(Tribun Jambi)

Bukan cuma tak mau bersosialisasi, Sukiyah juga tak bisa merawat dirinya. Hingga ia memiliki rambut gimbal sepanjang hampir 2 meter.Rambut Sukiyah tidak pernah dibersihkan sekitar 27 tahun lamanya sejak ia mengurung diri. Akibatnya, berbagai hewan, seperti anakan tikus dan ulat bersarang di rambutnya.

Ardian menjadi sosok yang berhasil membujuk Sukiyah untuk mau memotong rambutnya. Sebelum memotong rambut, ia berdialog selama 30 menit untuk meminta izin Spada Sukiyah.

Merinding

Sukiyah di Dusun Karangombo, Desa Polobugo, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, setelah rambutnya dipotong. (Tribun Jambi/Istimewa)

Ardian mengatakan, proses pemotongan rambut Sukiyah membutuhkan waktu 20 menit. Ia mengatakan, tak hanya panjang, rambut Sukiyah juga alot saat dipotong. "Bulu kuduk saya merinding semua saat memotongnya, saya sampai keringetan," kata Ardian.

Kepada Ardian, Sukiyah meminta rambutnya diberi sampo berwarna hitam. Sukiyah juga ingin rambutnya diobati. Sebab, Sukiyah mengaku telah menemukan tiga ekor ulat bersarang di rambutnya.

Dibawa ke yayasan sosial

Sukiyah (Tribun Jambi/Istimewa

Usai memotong rambut Sukiyah, Ardian membawa Sukiyah ke yayasan sosial yang berjarak 4 kilometer dari rumahnya. Di tempat tersebut, rambut Sukiyah dikeramas oleh para relawan perempuan.Rencananya, Ardian bersama sejumlah relawan akan membersihkan rumah Sukiyah pada Sabtu (25/1/2020).

Rambut gimbal Sukiyah bakal dikubur di dekat rumahnya. Ardian mengatakan, Sukiyah layak mendapatkan perlakuan yang baik dan manusiawi. "Saya hanya ingin memanusiakan manusia," katanya.

Sumber: kompas.com

Editor: tom.