HETANEWS

Sambut Perayaan Imlek di Vihara Avalokitesvara

Suasana jelang perayaan Imlek di vihara Avalokitesvara, Jumat 24 Januari 2020.

Siantar, hetanews.com – Sambut perayaan Imlek 2571 di Kota Pematangsiantar suasana Vihara Avalokitesvara ramai dikunjungi warga etnis Tionghoa. Warga melakukan sembahyang menjelang Imlek yang jatuh pada Sabtu 25 Januari 2020.

Vihara Avalokitesvara di Jalan Gunung Pusuk Buhit, Kelurahan Karo, Kecamatan Siantar Selatan, Jumat (24/1/2020) pagi sudah ramai dikunjungi. Terlihat ada warga sembahyang dan memanjatkan doa.

Mengunjungi vihara dan berdoa sebelum Imlek merupakan tradisi yang sudah diwarisi sejak lama.

“Perayaan [Imlek] ini merupakan tradisi dari leluhur. Dimana ini merupakan perayaan tahun baru,” ujar Lee, warga Jalan Pane Pematangsiantar.

Pantauan dilokasi, beberapa warga di vihara juga membawa sesaji sekaligus berdoa. Puncak perayaan Imlek di Pematangsiantar akan digelar malam nanti.

 Menurut penanggalan tionghua, tahun baru Imlek 2571 menandai dimulainya tahun tikus dari tahun Babi. Kalender tionghoa adalah penanggalan yang menggunakan baik perputaran matahari dan perputaran bulan (lunisolar).

Bila dihitung berdasarkan kalender masehi, tahun baru imlek selalu jatuh di antara bulan Januari dan Februari. Tahun ini perayaan tahun baru Imlek, besok Sabtu, 25 Januari 2020.

Penulis: gee. Editor: edo.