HETANEWS

Canangkan Sensus Penduduk 2020, Jokowi: Data Adalah New Oil

Jakarta, hetanews.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pencanangan Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020. Sensus Penduduk 2020 ini untuk memperbarui data kependudukan warga Indonesia.

Pencanangan dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Jumat (24/1/2020). Pencanangan ini dihadiri oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas

Suharso Monoarfa hingga Seskab Pramono Anung.

Jokowi mengatakan data merupakan jenis kekayaan yang baru. Data, kata dia, merupakan kunci utama kesuksesan pembangunan negara.

"Data sekarang ini adalah jenis kekayaan baru. Saat ini data adalah new oil. Bahkan lebih, bahkan lebih berharga dari minyak. Data yang valid merupakan kunci utama kesuksesan pembangunan negara," kata Jokowi.

Karena itu, data akurat sangat penting dalam menyusun perencanaan. Jokowi juga mengatakan data akurat penting untuk membuat keputusan yang tepat.

"Karena data yang akurat sangat penting untuk menyusun perencanaan yang benar. Data yang akurat penting untuk buat keputusan tepat. Data kurat penting untuk eksekusi program yang tepat sasaran. Jangan sampai memutuskan, membuat perencanaan mengekusi program nggak pegang data," tuturnya.

Jokowi mengatakan, nantinya hasil Sensus Penduduk 2020 ini akan dimanfaatkan untuk membuat perencanaan di berbagai bidang. Data tersebut, kata dia, bermanfaat hingga untuk perencanaan masa depan.

"Data penduduk merupakan data dasar untuk membuat perencanaan di berbagai bidang. Dan data hasil sensus penduduk 2020 nantinya tidak hanya bermanfaat untuk perencanaan masa kini namun juga proyeksi sampai 2050," pungkas Jokowi.

sumber: detik.com

Editor: sella.