HETANEWS.COM

10 Hewan Dengan Gigitan Terkuat di Dunia

Beruang Grizzly.

Hetanews.com - Apa kamu tahu berapa kekuatan manusia saat menggigit manusia? Adapun, kekuatan gigitan manusia kurang lebih 160 psi (satuan tekanan). Dengan kekuatan itu, mungkin kamu akan merasakan sakit sedikit dan kulit yang tertusuk.

Sementara itu, hewan punya kekuatan 10-20 kali lipat daripada manusia! Dilansir dari The Misterious World, ini dia hewan-hewan dengan gigitan terkuat di dunia.

1. Singa (Panthera leo), kekuatan gigitan 650 psi

Meski jadi raja hutan, ternyata kekuatan gigitannya gak lebih kuat dari jaguar atau harimau. Adapun, kekuatan gigitan singa hanya sebesar 650 psi.

Singa biasa hidup berkelompok dan memangsa mangsa besar, seperti kerbau dan gajah. Singa hidup berkelompok. Itu sebabnya, ia gak memerlukan kekuatan gigitan yang kuat. 

2. Harimau (Panthera tigris), kekuatan gigitan 1050 psi

Harimau siberia adalah harimau terbesar dengan berat 423 kg. Sementara, kekuatan gigitannya mencapai 1050 psi. Berbeda dengan singa, harimau adalah hewan soliter atau penyendiri, kecuali selama musim kawin. Harimau sendiri bisa dikatakan sebagai predator puncak. 

3. Dubuk tutul (Hyaenidae), kekuatan gigitan 1100 psi

Meski sering disebut hewan pemulung dari Afrika karena hanya memakan makanan sisa dari hewan lain, ternyata dubuk tutul menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berburu. Mereka memiliki rahang yang sangat kuat dengan kekuatan 1100 psi, bahkan lebih kuat dari singa dan harimau.

Dubuk tutul adalah hewan berkelompok yang suka berburu kerbau, rusa kutub atau badak. Kemampuan menggigitnya bahkan bisa menghancurkan tulang-tulang mangsanya. Dubuk tutul bisa memakan mangsanya tanpa meninggalkan tulang.

4. Beruang grizzly (Ursus arctos ssp.), kekuatan gigitan 1200 psi

Beruang grizzly adalah subspesies beruang cokelat yang tinggal di Amerika Utara. Spesies ini memiliki tinggi 2 meter dan berat 363 kg. Gak hanya besar, beruang ini pun memiliki penciuman tajam, cakar yang panjang dan rahang yang kuat. Kekuatan gigitannya sendiri mencapai 1200 psi.

Bahkan, beruang grizzly bisa dengan mudah menggigit wajan besi , pohon besar dan tulang-belulang.Beruang grizzly sangat agresif. Itu sebabnya, kamu perlu waspada jika ingin mendekati teritorial mereka. Serangan beruang ini bisa menyebabkan luka fatal.

5. Gorila (Gorilla gorilla), kekuatan gigitan 1300 psi

Dengan tinggi 1,73 meter dan berat 160 kg, gorila menjadi primata terbesar di dunia. Meski besar, gorila punya sifat lembut dan pemalu. Namun, jangan salah, kekuatan gigitannya bisa mencapai 1300 psi! 

Lalu untuk apa kekuatan sebesar itu? Dia biasa menggunakannya untuk memakan tanaman, menggiling kulit kayu atau akar pohon. Gorila pun biasa menggunakan taringnya yang panjang untuk menakuti lawannya.

6. Jaguar (Panthera onca), kekuatan gigitan 2000 psi

Jaguar adalah kucing terbesar yang memiliki gigitan terkuat. Kekuatannya bisa mencapai 2000 psi. Bisa dibilang itu dua kali lipat dari harimau. Jaguar sendiri memiliki otot rahang yang kuat. Meski begitu, dia adalah hewan penyendiri. 

Jaguar adalah pemburu yang kuat, bahkan gak segan-segan memangsa buaya dan kuar-kura! Kekuatan rahang jaguar bahkan bisa menghancurkan tengkorak kepala dan cangkang kura-kura yang sangat kuat.

7. Kuda Nil (Hippopotamus amphibius), kekuatan gigitan 1825 psi

Kuda nil adalah mamalia dengan gigitan terkuat karena gigitannya mencapai 1825 psi. Mulut besar kuda nil berisi gigi seri dan taring dengan ukuran 4,3 meter dan 5,5 meter!

Ternyata, mereka juga biasa mengasah gigi mereka loh! Gigi yang besar ini biasa digunakan untuk bertarung dan berlindung dari lawan. Hewan ini punya perawakan kekar dan berat badan mencapai 1.800 kg!

Meski kakinya pendek, kuda nil bisa berlari dengan kecepatan 30,6 km/jam. Kuda nil sangat agresif dan sukar diprediksi. Tanpa diprovokasi pun dia bisa tiba-tiba menyerang. Itu sebabnya kuda nil jadi salah satu hewan paling berbahaya di Afrika.

8. Buaya amerika (Alligator mississippiensis), kekuatan gigitan 2125 psi

Dengan panjang 34 meter dan berat 454 kg, buaya amerika menjadi reptil terbesar di Amerika. Gak hanya ukuran, gigitannya pun begitu memukau karena bisa mencapai 2125 psi. Dengan rahang yang sangat kuat, buaya amerika bisa menyobek mangsanya menjadi beberapa bagian.

Buaya amerika sendiri memiliki 75-84 gigi. Sekalipun giginya rusak, akan dengan mudah tumbuh yang baru. Bahkan, seekor buaya amerika bisa memiliki 2.000-3.000 gigi selama hidupnya. Meski rahangnya kuat, otot-otot untuk membuka rahangnya ternyata sangat lemah loh! Bahkan kekuatan tanganmu saja cukup untuk membungkam mulut mereka.

9. Buaya muara (Crocodylus porosus), kekuatan serangan 3690 psi

Dilansir dari National Geographic, buaya muara memiliki kekuatan gigitan mencapai 3960 psi! Mulut buaya muara sendiri terdiri dari 40-60 gigi besar. Sama seperti buaya amerika, buaya muara memiliki kekuatan otot untuk membuka rahang yang sangat lemah.

Buaya muara sendiri adalah reptil terbesar di dunia. Ukuran tubuhnya mencapai 6 meter dan berat 998 kg! Makanan buaya ini adalah ikan, burung, kepiting, kura-kura, monyet dan kerbau. Habitatnya sendiri ada di Indonesia dan negara-negara di sekitarnya.

10. Buaya nil (Crocodylus niloticus), kekuatan gigitan 5000 psi

Buaya nil adalah makhluk hidup dengan gigitan terkuat di dunia! Rahangnya yang panjang dan kuat cocok untuk melumat mangsanya. Giginya yang mengerucut tajam dan kuat membuat mangsa mustahil untuk kabur.

Buaya nil sendiri adalah buaya terbesar kedua di dunia. Mereka tinggal di rawa-rawa Afrika. Buaya nila memiliki ukuran 6 meter dan berat 748 kg. Mereka adalah predator yang biasa memangsa ikan, burung, zebra dan antelop.

Sumber: idntimes.com

Editor: tom.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!