HETANEWS

Gerindra Gerilya agar DPRD DKI Dukung Ahmad Riza Patria

Ahmad Riza Patria. Foto: kompas.com

Hetanews.com - Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Jakarta akan melobi fraksi-fraksi di DPRD DKI guna memenangkan calon wakil gubernur (cawagub) DKI dari partainya Ahmad Riza Patria. Fraksinya akan berkomunikasi dengan semua pihak, termasuk partai-partai koalisi di tingkat nasional.

Penasihat Fraksi Gerindra DPRD DKI Jakarta, Mohamad Taufik, mengatakan, pihaknya akan bergerak semua untuk komunikasikan masalah pemilihan cawagub DKI menyangkut kader partainya Ahmad Riza Patria mulai melobi ke fraksi-fraksi.

Taufik yakin para anggota DPRD DKI Jakarta akan memilih Riza Patria sebagai wagub DKI. Sebab, Riza memiliki banyak pengalaman berorganisasi di Jakarta. Dia juga memahami permasalahan di Ibu Kota.

"Saya kira teman-teman DPRD paham siapa Pak Ariza dan Insyaallah dia yang terpilih," ujarnya saat dihubungi di Jakarta, Rabu (22/1).Dia menambahkan, Wagub DKI pengganti Sandiaga Uno akan dipilih oleh anggota DPRD DKI dalam rapat paripurna.

Anggota DPRD akan memilih satu dari dua calon yang diusulkan partai pengusung, yakni Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).Ketentuan soal mekanisme pengisian kekosongan jabatan wagub diatur dalam Pasal 176 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah.

Pasal itu mengatur, partai politik pengusung harus mengusulkan dua orang cawagub untuk dipilih oleh DPRD provinsi dalam rapat paripurna.Adapun Gerindra dan PKS telah menyerahkan dua nama cawagub DKI ke DPRD melalui Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Dua nama itu adalah politikus Gerindra Ahmad Riza Patria dan politikus PKS Nurmansjah Lubis.Riza dan Nurmansjah merupakan cawagub baru yang diusulkan Gerindra dan PKS. Mereka menggantikan dua nama cawagub sebelumnya, yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu.

Gerindra dan PKS mengganti nama cawagub karena nama Agung dan Syaikhu tidak kunjung diproses DPRD DKI Jakarta. Padahal, dua nama itu sudah diserahkan ke DPRD pada Maret 2019.

Sumber: mediaindonesia.com

Editor: tom.