HETANEWS

Satpam STTC Perlihatkan Atraksi Beladiri Tako Saat HUT Satpam ke 39 Tahun di Polres Siantar

Satpam PT STTC saat atraksi beladiri tangan kosong (Tako) di acara HUT Satpam ke 39 Tahun.

Siantar, hetanews.com - Sebanyak 20 orang satuan Pengaman (Satpam) PT STTC, di bawah binaan pelatih, Robin Pasaribu, menampilkan atraksi beladiri tangan kosong (Tako), memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Satpam ke-39 tahun, di halaman Mapolres Siantar, Rabu (22/1/2020).

Tampak Wakil Wali Kota Siantar, Togar Sitorus, dan Ketua DPRD Siantar, Timbul Marganda Lingga, mendampingi Kapolres Siantar, AKBP Budi Pardamean Saragih, memotong nasi tumpeng dan menyerahkannya, kepada Satpam tertua dan termuda.

Kapolres yang menjadi pembina upacara, pada kesempatan itu, membacakan amanat Kapolri, Jenderal Pol Drs Idham Azis.

Kapolri mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh anggota Satpam, pimpinan Badan Usaha Jasa Pengamanan, pengurus Asosiasi Jasa Pengamanan, serta segenap stakeholders terkait lainnya, atas kerja sama sinergis dalam memelihara stabilitas kamtibmas yang kondusif. Diharapkan sinergisitas senantiasa terpelihara dengan baik dan terus ditingkatkan.

“Dalam pelaksanaan tugas di lapangan, Satpam merupakan salah satu mitra utama Polri dalam pemeliharaan kamtibmas. Oleh karena itu, setiap anggota Satpam harus memiliki kualifikasi dan kemampuan yang optimal dalam penanganan gangguan keamanan di lingkungan kerjanya,” katanya.

Kapolres Siantar, AKBP Budi Pardamean Saragih, memotong nasi tumpeng, di acara HUT Satpam ke 39 Tahun.

Eksistensi Satpam, lanjutnya, juga berkontribusi besar mendukung program prioritas pemerintah, khususnya dalam hal memberikan jaminan keamanan terhadap upaya transformasi ekonomi yaitu peningkatan investasi dan cipta lapangan kerja yang kondusif. Dengan demikian, profesi Satpam memiliki peran strategis guna mendorong kemajuan bangsa dan kesejahteraan masyarakat.

“Berdasarkan uraian tersebut, saya menilai thema yang diangkat dalam peringatan HUT ke-39 Satpam ini sangat tepat, yaitu “Satuan Pengamanan Berbasis Kompetensi Mewujudkan SDM Unggul untuk Terciptanya Situasi Kamtibmas yang Kondusif dan Terjaminnya Keamanan di Lingkungan Kerja Menuju Indonesia Maju”. Thema tersebut juga selaras dengan Kebijakan Presiden RI yaitu pembangunan SDM serta Program Prioritas Kapolri yaitu mewujudkan SDM yang unggul dan pemantapan Harkamtibmas,” jelasnya.

Seluruh anggota Satpam diharapkan bisa senantiasa menjaga kesehatan dan meniatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Lalu, menanamkan kebanggaan dan kehormatan sebagai anggota Satpam, dengan menjunjung tinggi profesionalisme dalam pelaksanaan tugas serta senantiasa memegang teguh kode etik dan profesi Satpam.

Selanjutnya, meningkatkan kesiapsiagaan, sehingga setiap gangguan keamanan di lingkungan kerja dapat ditangani dengan cepat dan tuntas. Kemudian, meningkatkan kompetensi diri, baik melalui pendidikan maupun pelatihan, guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas.

“Tingkatkan kerja sama sinergis dengan jajaran TNI-Polri, stakeholders lain, dan berbagai elemen masyarakat guna memelihara stabilitas keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja. Gelorakan budaya penanaman pohon di lingkungan kerja dan sekitarnya guna mendukung program penghijauan dan pelestarian alam,” sebutnya.

Penulis: tim. Editor: gun.