HETANEWS

Uang Hasil Membobol Rumah Digunakan Kedua Pelaku Untuk Foya-Foya dan Rp 20 Juta Beli Sabu

Kedua tersangka ketika dipamerkan di depan ruang Sat Reskrim Polres Siantar. (foto/res)

Siantar, hetanews.com - Uang hasil dari kejahatan membobol rumah milik Kamina, di Jalan Tualang, Kelurahan Kahean, Kecamatan Siantar Utara, pada 18 November 2019, lalu, ternyata digunakan kedua tersangka Surya Bakti Siregar (36) dan Dedi Suarno (34), untuk berfoya-foya, membeli sepeda motor dan perlengkapan rumah tangga.

Dan parahnya, kedua tersangka ini juga menggunakan uang tersebut untuk membeli narkotika jenis sabu.

"Uang hasil dari membobol rumah telah habis untuk berfoya-foya dan juga membeli sabu-sabu sebanyak 20 juta rupiah secara bertahap, jadi tidak ada sisa lagi uang Rp 400 juta yang dicuri itu. Mereka telah membaginya dan membelikan perlengkapan rumah tangga," ujar Kanit Sat Reskrim Polres Siantar, Ipda Wilson Panjaitan, Rabu (22/1/2020), pukul 11.00 WIB.

Ipda Wilson juga menyatakan, bahwa dalang (otak pelaku) dari pencurian ini, diotaki oleh Surya Bakti dan hal ini dilakukan hanya spontan.

"Kejadian ini hanya spontan saja, pada saat Surya berada di rumah teman dari tersangka Dedi Suarno. Pada saat itu juga, pelaku Surya mengusulkan kepada temannya untuk memobol rumah korban. Karena Surya ini kan mantan sales dan sering mengantar barang dagangan korban, jadi dirinya tau seluk beluk rumah milik korban," pungkasnya.

Baca juga: Dua Pelaku Pembobol Rumah dan Bawa Kabur Uang Rp400 Juta Dihadiahi Timah Panas

Ditempat yang sama, Kasat Reskrim, Iptu Nur Istiono setelah melakukan release pers menyatakan, bahwa dalam aksi pembobolan rumah milik korban, pelaku merusak pintu rumah korban dengan menggunakan linggis.

"Untuk sementara hasil dari pemeriksaan kita belum ada ditemukan kalau mereka ini komplotan, dan mereka (pelaku) mengaku, baru pertama kali melakukan pembobolan rumah. Kemudian untuk kedua pelaku lainnya masih buron," tutupnya.

Dalam pemberitaan sebelumnya, kedua pelaku pembobol rumah, milik Kamina, berhasil diringkus peronil Sat Reskrim Polres Siantar dan kedua pelaku ditembus timah panas, Sabtu (18/1/2020), di dua tempat berbeda.

Adalah Surya Bakti Siregar (36), warga Jalan Siak, Kelurahan Martoba, Kecamatan Siantar Utara, dan Dedi Suarno (34) warga Jalan Medan, Kelurahan Nagapitu, Kecamatan Siantar Martoba.

Dalam aksinya, para pelaku berhasil membawa kabur uang tunai dengan jumlah Rp 400 juta dari dalam lemari rumah korban yang berada di Jalan Tualang, Kelurahan Kahean, Kecamatan Siantar Utara, pada 18 November 2019, lalu.

Penulis: res. Editor: gun.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.