Belawan, hetanews.com - Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) Kota Medan akan dilaksanakan 23 September 2020 mendatang. Untuk menyuskseskan pesta demokrasi yang dilaksanakan secara serentak di Indonesia, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Medan perkuat sinergitas dengan berkunjung ke Polres Pelabuhan Belawan.

Kunjungan dilakukan Bawaslu Kota Medan yang diketuai Payung Harahap bersama komisioner lainnya, Raden Deni Admiral, Muh Fadly, Muhammad Taufiqurrohman Munthe, dan Julius Anggiat Lamhot Turnip, disambut langsung Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP M Dayan di ruang kerjanya.

Dalam pertemuan terjadi perbincangan hangat antara Komisioner Bawaslu Kota Medan dengan orang nomor satu di Mapolres Pelabuhan Belawan tentang seputaran pelaksanaan Pilkada Kota Medan 2020. Turut disaksikan Komisioner Panwas Kecamatan se-Medan Utara.

Secara kelembagaan, Bawaslu dan Polres Pelabuhan Belawan membangun komitmen untuk saling mendukung suksesnya pesta demokrasi yang akan berlangsung.

Ketua Bawaslu Kota Medan, Payung Harahap mengatakan, secara kelembagaan, komunikasi antara Bawaslu dengan Polres Pelabuhan Belawan sudah terjalin. Untuk memperkuat sinergitas hubungan secara lembaga, dilakukan kunjungan rutin ke setiap stakeholder yang ada di Kota Medan.

"Kehadiran kita kemari (Mapolres Pelabuhan Belawan) untuk mempererat silaturahmi dan komunikasi. Secara birokrasi pimpinan di Polres Pelabuhan Belawan ada pergantian, makanya kita kembali beradaptasi untuk saling mengenal," ungkap Payung, Rabu (22/1).

Diungkapkan Payung, pihaknya ingin dalam tahapan dan pelaksanaan Pilkada 2020, sinergitas yang sudah terjalin mampu menciptakan Pilkada yang demokratis, bermartabat, damai dan kondusif.

"Silaturahmi ini menjadi penting dalam meningkatkan koordinasi, sinergitas dan penguatan fungsi kelembagaan dalam menyukseskan Pilkada yang berkualitas," ungkapnya.

Secara teknis, sinergitas yang telah terbangun dalam berbagai hal. Tugas utama yang akan dilakukan adalah upaya pencegahan terhadap berbagai potensi kerawanan dalam Pilkada. Hal itu akan dibantu dengan penanganan setiap pelanggaran yang terpusat dalam sentra penegakan hukum terpadu (Gakumdu) meliputi unsur Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan.

"Dalam tugas ke depan, Bawaslu terus mengawasi proses tahapan, yang mana saat ini sedang berlangsung pengawasan pendaftaran PPK se-Kota Medan," Payung menerangkan.

Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP M Dayan, menyambut baik kunjungan silaturahim Bawaslu Kota Medan. Dengan sinergitas selama ini, diharapkan mampu memantapkan suksesnya Pilkada Kota Medan 2020.

"Polres Pelabuhan Belawan akan mendukung penuh kinerja di Bawaslu Kota Medan. Hubungan dan kerja sama yang telah terbangun dengan baik dapat ditingkatkan," tegasnya.

Sumber: analisadaily.com