HETANEWS

Dua Pelaku Pembobol Rumah dan Bawa Kabur Uang Rp400 Juta Dihadiahi Timah Panas

Kapolres Siantar, AKBP Budi Pardamean Saragih, didampingi Kasat Reskrim, Iptu Nur Istiono dan Kabag Ops, Kompol Biston saat menunjukkan barang bukti. (foto/res)

Siantar, hetanews.com - Dua tersangka pembobol rumah, di Jalan Tualang, Kelurahan Kahaean, Kecamatan Siantar Utara, harus merasakan panasnya peluru yang disarangkan personil Jahtanras Sat Reskrim Polres Siantar.

Pasalnya, kedua tersangka, Surya Bakti Siregar (36), warga Jalan Siak, Kelurahan Martoba, Kecamatan Siantar Utara, dan Dedi Suarno alias Plur (34), warga Jalan Medan, Kelurahan Nagapitu, Kecamatan Siantar Martoba, melawan saat hendak ditangkap petugas, pada Sabtu (18/1/2020), lalu.

Kapolres Siantar, AKBP Budi Pardamean Saragih, ketika melakukan konferensi pers, di depan ruang Sat Reskrim Polres Siantar, mengatakan, kedua pelaku melancarkan aksinya, pada hari Jumat (22/11/2019), lalu.

"Awalnya, korban Kamina boru Lumbanraja (50), bersama saksi Monika Sinaga, pergi berjualan ke Pasar Parluasan, Jalan Patuan Anggi, dengan mengunci semua pintu rumah," ujar Kapolres Siantar, didampingi Kabag Ops, Kompol Biston Situmorang dan Kasat Reskrim, Iptu Nur Istiono, Rabu (22/1/2020), sekira pukul 11.30 WIB.

Hanya saja, lanjutnya, sekira pukul 11.00 wib, korban dan saksi,  pulang ke rumah dan saat sampai di rumah, ternyata pintu samping rumah mereka telah dirusak dan terbuka.

Dan ketika korban memeriksa kedalam rumah, ternyata barang - barang yang ada didalam rumah telah berserak dan lemari kamar telah rusak.

Menurut keterangan dari orang nomor 1 di Polres Siantar ini, bahwa  para pelaku berhasil membawa uang kontan dari dalam lemari sebanyak Rp 400 juta.

Kedua tersangka berjalan dengan kaki diperban. (foto/res) 

"Namun bukan hanya uang saja yang diambil oleh para pelaku, melainkan perhiasan emas, laptop, surat berharga, dan barang dagangan rokok telah raib dari dalam rumah, sehingga korban mengalami kerugian sebesar Rp 600 juta,"pungkasnya.

Sebelum kedua tersangka ini tertangkap, awalnya personil Sat Reskrim Polres Siantar, berhasil meringkus pelaku Surya Bakti Siregar dari Jalan Ahmad Yani.

Kemudian setelah dilakukan penyidikan, Surya mengaku, bahwa dirinya tidak sendirian melakukan pembobol rumah itu, melainkan bersama temannya, Dedi Suarno, serta dua orang teman lainnya, berinisial U dan JS (DPO).

"Dengan adanya pengakuan itu, tersangka Surya, dibawa oleh petugas untuk mencari tiga orang pelaku lainnya. Di hari yang sama juga, personil berhasil meringkus Dedi Suarno di Jalan Parapat, Kelurahan Simarimbun, Kecamatan Siantar Simarimbun," terangnya kepada sejumlah awak media.

Masih katanya, kemudian kedua pelaku saat dibawa untuk melakukan pengembangan, berusaha melarikan diri, sehingga dilakukan tindakan tegas dan terukur dengan cara menembak kaki kedua tersangka.

"Dari kedua pelaku yang berhasil ditangkap, kita mengamankan sejumlah barang bukti, berupa sepeda motor Honda Vario bernopol BK 4182 TAL, tas isi laptop merk Asus, Hape merk Oppo, gelang emas, Kereta Vario BK 6300 WAH dan STNK, dan kipas angin merk Yasaka," jelasnya.

Bukan hanya itu saja yang diamankan dari tersangka, melainkan kaleng cat merk Paragon ukuran 30 kilogram, sekop, gergaji merk Galantino, linggis, meteran, baju daster bermotip bunga, handuk, baju anak, dan jilbab.

Untuk perbuatan kedua tersangka  yang tertangkap, dijerat Pasal 363 Ayat (1) Huruf 4e, 5e KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara. Sedangkan untuk kedua pelaku berinisial J dan US, masih dalam pengejaran petugas, tutupnya.

Penulis: res. Editor: gun.