HETANEWS.COM

DPRD Akan Gelar Rapat Paripurna Hak Angket

Ketua DPRD Timbul Marganda Lingga, diwawancarai pada Selasa 21 Januari 2020.

Siantar, hetanews.com - Hasil keputusan rapat Badan Musyawarah [Banmus] DPRD Pematangsiantar dijadawalkan rapat paripurna dengan agenda pengajuan Hak Angket DPRD yang dilaskanakan besok, Rabu 22 Januari 2020.

"Sebagaimana hasil rapat Banmus, besok akan digelar rapat paripurna pengusulan Hak Angket DPRD Pematangsiantar," kata Ketua DPRD Timbul Lingga, ditemui usai rapat Banmus, Selasa (21/1/2020) sore.

Sebelumnya pengusulan Hak Angket ini oleh 25 anggota DPRD dari 30 jumlah anggota DPRD Pematangsiantar. Rapat Paripurna akan digelar besok Rabu pukul 10.00 WIB. 

Timbul belum merinci apa materi hak angket yang diajukan oleh DPRD terhadap Walikota Herfiansyah. Namun dalam paripurna besok, poin poin yang diajukan untuk hak angket dapat bertambah.

"Kalau gak salah ada 10 [poin] itu. Tapi nanti itu bisa berkembang. Kita lihat saja dalam paripurna besok," ungkapnya.

Baca juga: Pasca Usulan Hak Angket DPRD Rapat Banmus

Setelah paripurna pengajuan hak angket, akan dibentuk Panita Khusus Hak Angket DPRD. 

"Setelah pengusulan Hak Angket, kemudian ada pandangan tiap fraksi atas hal tersebut. Jadi [pengajuan hak angket] sudah memenuhi persyaratan," ucapnya.

Wakil Ketua DPRD, Mangatas Silalahi membenarkan jika poin yang disampaikan dalam hak angket sebelumnya dapat bertambah seiring rapat paripurna DPRD besok.

"Masih tetap [usulan hak Angket DPRD] tetapi masih terbuka untuk usulan lain dalam paripurna besok. Misalnya yang sudah ada bisa kita tarik," katanya menambahkan.

Anggota DPRD pada Rabu 15 Januari lalu mengusulkan Hak Angket DPRD. Usulan hak angket dimuat dalam beberapa poin yang dianggap kebijakan Pemko Pematangsiantar telah meresahkan.

Diantaranya, Pencopotan Lurah, pencoptan Sekda, status Plt yang menduduki OPD, penggunaan Lapangan Adam Malik, lokasi GOR.

Kemudian, dugaan pelanggaran PP No 11 Pasal 54 tentang persyaratan dan pengangkatan jabatan Administrator, status Tugu Sang Naualuh dan terbitnya Perwa 1 Tahun 2018 terkait pergeseran anggaran sebesar Rp 46 M.

Baca juga: DPRD Usulkan Hak Interpelasi, Begini Respon Walikota

Penulis: gee. Editor: edo.