HETANEWS

BKN Minta Seluruh Instansi Segera Umumkan Jadwal SKD CPNS

Peserta calon pegawai negeri sipil mengikuti simulasi tes berbasis computer assisted test (CAT) tahap kedua di Kantor Regional III Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bandung, Jawa Barat, Selasa, 14 Januari 2020. Sebanyak 1000 peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang sudah teregistrasi mengikuti kegiatan simulasi tes berbasis CAT guna menyiapkan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang rencananya akan digelar pada akhir Januari - Februari 2020.

Jakarta, hetanews.com - Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono meminta seluruh instansi yang menggelar seleksi kompetensi dasar (SKD) calon pegawai negeri sipil atau CPNS segera mengumumkan jadwal serta lokasi pelaksanaannya.

"Agar tidak mendadak atau cukup waktu bagi para pelamar untuk mempersiapkan diri," ujarnya kepada Tempo, Selasa, 21 Januari 2020.

Paryono menjelaskan, pihaknya sebetulnya tidak memberikan batasan waktu untuk kementerian dan lembaga untuk mengumumkan jadwal serta lokasi dari seleksi SKD setiap instansi. Namun BKN mengingatkan, bahwa awal pelaksanaan tes tersebut akan dilaksanakan tujuh hari lagi.

"Betul bahwa pelaksanaan tes SKD mulai tanggal 27, makanya kami juga sampaikan ke instansi agar mulai hari ini mengumumkan lokasi dan waktu SKD," ungkapnya.

Tes penerimaan CPNS saat ini sudah memasuki tahap seleksi SKD, setelah sebelumnya melewati masa pendaftaran dan seleksi berkas administrasi pada 12 Desember 2019 sampai 16 Desember 2019.

Pelaksanaan tes seleksi SKD akan dimulai pada 27 Januari hingga 28 Februari 2020. Lalu akan dilanjutkan dengan pengumuman hasil SKD pada 22 hingga 23 Maret 2020. 

Selanjutnya, bagi para peserta yang lolos SKD bisa mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang dilaksanakan pada 25 Maret sampai 10 April 2020 tergantung dari instansi masing-masing. Kemudian, hasil tes tersebut disampaikan pada 27 hingga 30 April 2020.

Lalu hasil keseluruhan tes CPNS yang menentukan seseorang bisa diterima sebagai abdi negara akan diumumkan pada 1 Mei 2020, serta dilanjutkan dengan pengusulan penetapan Nomor Induk Pegawai pada 1 hingga 15 Juni 2020.

Sumber: tempo.co 

Editor: suci.