HETANEWS

Restu Dibui 14 Bulan Penjara karena Angkut Besi Curian

Restu (berdiri) mendengar vonis 14 bulan penjara, dan sidang dihadiri jaksa, Juna Karo-Karo. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Restu Firmansyah (29) yang bertempat tinggal di Huta V Tinjowan, Kecamatan Ujung Padang, Kabupaten Simalungun, terbukti mengangkut 610 kg besi curian milik PTPN IV Kebun Tinjowan.

Terdakwa akhirnya dijatuhi hukuman 14 bulan penjara, dikurangi masa tahanan sementara yang telah dijalani.

Vonis yang dibacakan, ketua majelis hakim, Novarina Manurung, di PN Sinalungun, Senin (20/1/2020), lebih ringan dari tuntutan jaksa. Sebelumnya, terdakwa dituntut 1,6 tahun oleh jaksa, Juna Karokaro SH.

Terdakwa dinyatakan terbukti bersalah, melanggar pasal 363 ayat (1) ke 4 KUH Pidana. Kejahatan itu menurut hakim, dilakukan terdakwa, pada Selasa, 15 Oktober 2019, lalu, pukul 03.00 WIB.

Dengan mengemudikan satu unit truck colt diesel BB  8912 BA, terdakwa mengangkut 20 batang besi bekas milik PTP N IV Tinjowan yang dicuri oleh teman-teman terdakwa, yakni, Hendra alias Gundrek, Wor dan Indra (ketiganya melarikan diri). Ketika sedang melakukan aksinya, dua saksi Marsudi dan M Rizal Hasibuan, security PKS PTP N IV Tinjowan, melakukan penangkapan terhadap terdakwa sedangkan tiga kawannya lolos dari penangkapan itu.

Menurut hakim, hal yang memberatkan terdakwa, perbuatannya mengakibatkan kerugian pihak PTPN IV. Sedangkan hal meringankan, terdakwa mengakui perbuatannya dan berjanji tidak akan mengulangi lagi.

Dalam amar putusannya, terdakwa juga harus membayar ongkos perkara sebesar 5000 rupiah. Persidangan dibantu panitera, Paringatan Saragih SH, dinyatakan selesai dan ditutup.

Penulis: ay. Editor: gun.