HETANEWS

Pasca Usulan Hak Angket DPRD Rapat Banmus

Siantar, hetanews.com – Sekretaris DPRD Wanden Siboro menyampaikan bahwa DPRD Pematangsiantar besok Selasa (21/1/2020), akan melaksanakan rapat Badan Musyawarah [Banmus]. Agenda rapat Banmus mengarah ke pembahasan Hak Interpelasi dan Hak Angket DPRD.

“Hari ini tidak ada [Rapat Banmus]. Besok jam 2 Siang,” ujar Wanden Siboro dihubungi, Senin (20/1/2020) siang.

Wanden belum memastikan apa agenda rapat Banmus yang akan digelar besok. Rapat akan diikuti para anggota Banmus DPRD Pematangsiantar dan pimpinan. “Yah anti lah, kita lihat disitu [Rapat Banmus]. Kita lihat besok lah undangannya,”ucapnya.

Baca juga: DPRD Ajukan Hak Interpelasi Terhadap Walikota, Berikut Alasannya

Informasi yang dihimpun, rapat Banmus yang akan digelar besok dalam agenda pembahasan Hak Angket DPRD. Setelah Banmus DPRD akan menggelar Paripurna.

Seperti yang diketahui beberapa anggota DPRD mengusulkan Hak Interpelasi terhadap Walikota Pematangsiantar. Hak Interpelasi kemudian dilanjutkan ke Hak Angket.

Sebanyak 20 anggota DPRD 2 diantaranya adalah wakil Ketua DPRD, sepakat mengajukan Hak Interpelasi. Ketua Fraksi PDIP, Suandi Apohman Sinaga mengatakan, Fraksi PDIP ikut mengusulkan Hak Angket.

"Fraksi PDIP ikut mengusulkan Hak Angket ke Ketua DPRD, kita menunggu rapatnya," kata Suandi.

Baca juga: Wow, DPRD Tingkatkan Dari Interplasi Ke Hak Angket, Ada Apa?

Usulan Hak Interpelasi dan Hak Angket dimuat dalam beberapa poin yang isinya hampir serupa. Diantara hal yang dianggap meresahkan terhadap kebijakan Pemko Pematangsiantar seperti;

Pencopotan Lurah, pencoptan Sekda, status Plt yang menduduki OPD, penggunaan Lapangan Adam Malik, lokasi GOR. 

Kemudian, dugaan pelanggaran PP No 11 Pasal 54 tentang persyaratan dan pengangkatan jabatan Administrator, status Tugu Sang Naualuh dan terbitnya Perwa 1 Tahun 2018 terkait pergeseran anggaran sebesar Rp 46 M.

Pada tahun 2018 DPRD Pematangsiantar pernah mengajukan Hak Angket atas dugaan penistaan etnis Simalungun oleh Walikota Hefriansyah. Namun hasil dari angket tak diketahui sampai sekarang.

Baca juga: Hak Angket DPRD Kepentingan Politik Atau Suara Rakyat

Penulis: gee. Editor: edo.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.