HETANEWS

Dukung Program “Yuk Bikin Cantik Medan”, TP PKK Medan Lakukan Gotong Royong

Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarg (PKK) Kota Medan melakukan gotong royong dalam rangka mendukung program kerja Pemkot Medan “Yok Bikin Cantik Medan” di Kelurahan Darat II, Jalan Jemadi Gang Kelapa 3, Kecamatan Medan Timur Sabtu pagi (18/1/2020).

Medan, hetanews.com - Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarg (PKK) Kota Medan melakukan gotong royong di Kelurahan Darat II, Jalan Jemadi Gang Kelapa 3, Kecamatan Medan Timur Sabtu pagi (18/1/2020).

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendukung program kerja Pemerintah Kota (Pemkot) Medan yakni “Yok Bikin Cantik Medan”.  

Gotong royong ini dilakukan guna menjaga keindahan Kota Medan dengan menjaga lingkungan sekitar tetap asri dan terbebas dari sampah sehingga masyarakat juga ikut sehat.

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua TP PKK Kota Medan Nurul Khairani Akhyar bersama Camat Medan Timur Ody Batubara, Ketua TP PKK Medan Timur Rini Ody, dan Lurah Pulau Brayan Darat II Desy Chaliza Harahap turun langsung dan ikut membersihkan jalanan.

Pada kesempatan itu, Nurul tidak segan mengambil sapu berserta perlengkapan kebersihan untuk turut menyapu jalan bersama kader PKK Kecamatan Medan Timur dan Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU).

  • Taman ditanami sayuran

Pada saat memantau jalannya gotong royong, Nurul menyempatkan diri meninjau beberapa taman yang berada di Kelurahan Darat II.

Taman ini tergolong unik karena selain ditanami bunga, juga menjadi kebun warga yang ditanami berbagai sayuran, seperti sawi, kangkung, hingga bumbu dapur lainnya.

"Taman ternyata tidak hanya bisa ditanami bunga dan tanaman hias saja, namun juga ditanami berbagai sayur mayur dan bumbu dapur yang dapat dipergunakan dalam pemenuhan kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Nurul pun mengapresiasi kehadiran taman tersebut. Ia mengatakan hal itu adalah inovasi yang baik karena merupakan salah satu upaya menciptakan ketahanan pangan keluarga dan wilayah.

“Saya sangat mengapresiasi taman ini karena telah memberikan inovasi ketahanan pangan dan pemanfaatan taman dalam pemenuhan kebutuhan khususnya sayur dan bumbu dapur, " ujar Nurul seperti keterangan tertulisnya.

Sebelum memantau jalannya kegiatan gotong royong, Nurul juga sempat memberikan instruksi dengan mengajak masyarakat untuk sama-sama bergotong royong menjaga lingkungan.

"Sasaran pemerintah itu sebenarnya untuk masyarakat, maka dari itu, ayo sama-sama kita menjaga lingkungan kita, karena peran masyararakat sangat penting dan sangat berperan dalam memberdayakan lingkungan sekitar," ucapnya.

Tak hanya itu, Nurul juga sempat melakukan penanaman pohon dan berbaur dengan para Kepala Lingkungan membersihkan jalan dengan menyapu ruas jalan.

Dia menyebut, hal ini dilakukan guna menyadarkan masyarakat untuk tetap menjaga lingkungan sekitar agar tetap terjaga kebersihannya, telihat asri, dan berdampak pada kesehatan masyarakat.

Sementara itu, hal senada juga diungkap Camat Medan Timur Odi Batubara yang menyebut gotong royong yang dilakukan dapat menyadarkan masyarakat untuk tetap menjaga lingkungan.

Dia berharap, masyarakat dapat memanfaatkan lahan kosong menjadi tempat bercocok tanam, sehingga lahan dapat bermanfaat.

"Masyarakat sangat berperan penting dalam menjaga lingkungan sekitar, karena dengan bersama sama, lingkungan kita dapat terjaga dan bersih dengan tidak membuang sampah sembarangan,” ucapnya.

Sumber: tribunmedan.com 

Editor: suci.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.