HETANEWS
CITIZEN JOURNALISM

Komunitas Relawan Mojokerto Raya Bersama TNI Bersihkan Aliran Kali Sadar

Sejumlah personel TNI dari Pos Ramil Mojoanyar bersama Komunitas Relawan dan Warga masyarakat sedang melakukan pembersihan sungai di bawah jembatan perbatasan Desa Jumeneng dan Desa Kwedenkembar

Mojokerto, hetanews.com - Komunitas Relawan se-Mojokerto Raya bersama BPBD Kabupaten Mojokerto dan TNI melakukan bersih-bersih Kali Sadar di perbatasan Desa Jumeneng dan Desa Kweden Kembar Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Jum’at (17/1/2020).

Kegiatan yang dikoordinatori BPBD Kabupaten Mojokerto dipantau langsung Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto Drs. HM. Zaini, ST., MT., M.Si., beserta Forpimka Mojoanyar.

Sedikitnya 100 orang turut serta dalam kegiatan tersebut. Selain Komunitas Relawan, tampak pula sejumlah personel TNI dari Pos Ramil Mojoanyar Kodim 0815/Mojokerto, Kades Jumeneng, Suhariyanto, SE beserta perangkat desa dan warga masyarakat Jumeneng.    

Bahkan Forpimka Mojoanyar, yakni Camat Mojoanyar Amzhar Ashary Siregar, SE., MM., Kapolsek Mojoanyar AKP Adam Muhari, SH dan Danpos Ramil Mojoanyar Lettu Inf Akhmad Rifa’i, turun langsung ke sungai melakukan pembersihan sampah.

Danpos Ramil Mojoanyar Lettu Inf Akhmad Rifa’i, saat apel pengecekan personel, mengatakan, pembersihan sampah dan kotoran lainnya ini bertujuan untuk memperlancar arus sungai dan diharapkan ketika turun hujan air dengan cepat mengalir ke hilir tanpa hambatan sehingga luapan air ke persawahan maupun pemukiman dapat dihindari.

Hal ini harus dilakukan secara bersama-sama dan gotong royong sehingga pekerjaan sesulit dan seberat apapun dapat diselesaikan dengan segera.  Danpos Ramil juga menghimbau agar masyarakat membuang  sampah pada tempatnya.

Pengamatan di lapangan, tampak gabungan personel TNI, komunitas relawan, bersama masyarakat bahu membahu melakukan pembersihan sampah. Bukan hanya penampang sungai di kolong jembatan perbatasan Desa Jumeneng – Desa Kwedenkembar, namun aksi bersih-bersih kali ini juga menyasar bantaran sungai dengan mengepras/memangkas dahan dan ranting pohon serta semak belukar yang tumbuh liar disekitarnya.

Penulis: Anan Al-Karawangi. Editor: anto.