HETANEWS

Golkar Sumut Gelar Fit and Proper Test Untuk Bakal Calon Kepala Daerah

Suasana Fit and Proper Test di DPD Partai Golkar Sumut

Medan, hetanews.com - Sebanyak 33 Bakal Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di kantor DPD Partai Golkar Sumatera Utara.

Sekretaris Tim Pilkada Partai Golkar Sumatera Utara, Sangkot Sirait mengatakan pihaknya telah menjadwalkan 52 orang Balon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

"Hari kedua kemarin, fit and proper test, terjadwal sekitar 52 orang yang akan mengikuti fit and proder test dari pukul 08.30 Wib sampai dengan pukul 17.00 wib," katanya, Senin (20/1/2020).

Dikatakannya, Bakal Calon Kepala Daerah yang mengikuti tes yakni, Kabupaten Serdangbedagai sebanyak 10 orang, Kabupaten Labuhanbatu Utara sejumlah 6 orang dan Kabupaten Mandailingnatal sebanyak 5 orang.

Juga Kabupaten Asahan sebanyak 10 orang, Kabupaten Labuhanbatu sebanyak 10 orang serta Kabupaten Labuhanbatu Selatan sebanyak 11 orang.

"Kemarin yang mengikuti test sebanyak 33 orang dan 15 orang dinyatakan gugur karena sampai batas waktu yang kita tentukan tidak hadir," jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Golkar Sumut Amas Muda Siregar menyatakan, terdapat 3 orang Bakal Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang berhalangan hadir karena sakit dan reses.

"Untuk tiga orang Balon yang belum mengikuti fit and proper test tersebut akan dilakukan jadwal ulang. Hal itu tertuang dalam surat resmi yang mereka sampaikan ke kita. Dan sudah kita setujui bersama," katanya.

Di lain pihak, seorang interviewer yang juga menjabat Ketua Koordinator Bidang Strategis DPD Golkar Sumut, Syamsul Qamar menerangkan beberapa pokok penting yang disampaikan dalam test itu.

"Yang kami tanyakan kepada Bakal Calon Kepala Daerah berkaitan dengan kepemimpinan, integritas dan program di daerah nantinya," ujarnya.

Sedangkan, kata Syamsul untuk Balon Wakil Kepala Daerah dikulik terkait kemampuannya untuk bersinergi dengan program, visi misi yang direncanakan oleh Kepala Daerahnya.

Syamsuo menjelaskan pihaknya akan melakukan survey sejauh mana masyarakat di daerahnya mengenal dan menginginkan para kandidat.

"Setelah melakukan survey, kami akan melakukan rapat dan mengerucutkan tiga nama kandidat untuk dikirimkan ke DPP Partai Golkar. Selanjutnya DPP yang mengeluarkan rekom satu nama calon," ungkapnya.

Hal senada disampaikan, Wakil Ketua I DPD Partai Golkar Sumut, Yasyir Ridho Loebis, menjelaskan pihaknya juga telah mewawancarai kandidat dari Kabupaten Humbanghasundutan, Kota Sibolga, Kota Tanjungbalai, Binjai dan Kabupaten Tapanuliselatan.

" Kita berharap, dengan adanya proses seleksi dan atau fit and proper test ini, dapat menyaring dan melihat siapa yang bisa menjadi kandidat sesuai dengan visi dan misi Partai Golkar," katanya.

Sumber: tribunmedan.com 

Editor: suci.