HETANEWS

9 Prajurit Kodam I/BB Dikirim ke Papua dan Papua Barat

Pelepasan prajurit Batalyon Kavaleri 6/Naga Karimata ke Kodam XVII/Cendrawasih dan XVIII/Kasuari sebagai upaya penebalan pertahanan teritorial.

Medan, hetanews.com - Satuan Operasi Kodam I/BB memberangkatkan Satgas Penebalan sebagai upaya penguatan wilayah teritorial di wilayah timur, khususnya Kodam XVII/Cendrawasih Papua dan XVIII/Kasuari Papua Barat.

Kedua satuan operasi yang akan memberangkatkan pasukan adalah Yonkav 6/Naga Karimata dan Penerangan Kodam I/BB.

Danyonkav 6/NK Letkol Kav Jackie Yudhantara, memimpin upacara tradisi pemberangkatan tiga orang personelnya dari Makoyonkav 6/NK Jl. Bunga Raya Kel. Asam Kumbang Medan, Kamis (16/1/2020)

Acara diawali dengan laporan keberangkatan kepada Danyonkav 6/NK, pengalungan bunga secara simbolis oleh Danyonkav 6/NK, yang dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat bagi personel yang berangkat Satgas Penebalan Apter serta kemudian diakhiri dengan penghantaran sampai depan gerbang ksatriaan yang diiringi oleh prajurit Yonkav 6/NK.

Ketiga personel Yonkav 6/NK yang melaksanakan Satgas Penebalan Sebagai Apter diantaranya Letda Kav Edianto S, Serda Aristo Miftahul Huda, Serda Haris Daniel P. Sinaga menempati jabatan di wilayah Kodim Wilayah Kodam XVII/ Cendrawasih dan XVIII/ Kasuari.

"Selamat kepada prajurit yang telah diperintahkan untuk melaksanakan penugasan di wilayah Kodam XVII/Cendrawasih dan Kodam XVIII/Kasuari. Pertahankan dan selalu tingkatkan loyalitas serta dedikasi terhadap tugas, laksanakan setiap tugas dan tanggung jawab dengan hati yang tulus dan ikhlas," katanya.

Lanjut Danyon, Ia meminta setiap personel menunjukan bahwa mereka prajurit Yonkav 6/Naga Karimata yang mampu menonjolkan hal-hal positif dalam melaksanakan tugas yang di emban, sehingga kehadiran prajurit Yonkav 6/Naga Karimata dapat benar-benar dirasakan manfaatnya khususnya bagi masyarakat di wilayah penugasan.

Kapendam I/BB Kolonel (Inf) Zeni Djunaidhi menjelaskan, enam personel Pendam yang akan dikirim ke Indonesia Timur, Jumat (17/1/2020) dalam rangka peningkatan kapasitas prajurit.

"Saya meminta setiap prajurit agar melaksanakan tugas ini dengan penuh totalitas, semangat pengabdian, profesionalitas, dedikasi, disiplin dan rasa tanggung jawab yang tinggi. Penerangan adalah kita," ujarnya.

Kapendam mengaku, terkait keberangkatan prajurit sifatnya berdasarkan satuan operasi yang diminta pusat. Ia belum mengetahui betul berapa jumlah prajurit yang akan dikirimkan, sebab semua masih berjalan hingga pekan depan.

"Mereka akan di sana, bisa sembilan bulan atau setahun. Ini normal sebagai upaya penyegaran, rotasi. Sebab TNI yang profesional adalah TNI yang terlatih," tutupnya.

Sumber: tribunmedan.com 

Editor: suci.