HETANEWS

SoftBank Tawarkan Investasi Bangun Ibu Kota Baru Indonesia

Desain Ibu Kota Baru di Kalimantan. [foto istimewa]

Hetanews.com - SoftBank Jepang menawarkan investasi 30 miliar hingga 40 miliar dolar dalam pembangunan ibu kota baru Indonesia, kata Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan hari Jumat.

Pendiri dan CEO SoftBank Group Corp, milyarder Masayoshi Son, mengisyaratkan tentang kemitraan dengan pemerintah Indonesia untuk mendanai proyek itu sewaktu ia bertemu Presiden Joko Widodo di Jakarta pekan lalu.

Son dan mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair termasuk dalam dewan pengarah untuk mengawasi pembangunan ibu kota baru di Kalimantan, yang akan dipimpin oleh Putera Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan.

Luhut dalam konferensi pers mengatakan bahwa SoftBank menawarkan investasi sekitar 30 miliar hingga 40 miliar dolar, meskipun belum jelas benar proyek mana yang akan mendapat investasi perusahaan Konglomerat Jepang itu.

“Kami belum memutuskan bagaimana mereka akan berinvestasi, mungkin untuk pendidikan, pusat riset atau pembangunan rumah sakit,” kata Luhut. Ia mengatakan akan bertemu Son di Davos dan Tokyo akhir bulan ini untuk merampungkan rencana tersebut.

Setelah bertemu Jokowi pekan lalu, Son mengatakan kepada wartawan bahwa ia tertarik untuk mendukung pembangunan “kota cerdas baru, teknologi terbaru, kota ramah lingkungan dan banyak kecerdasan buatan.”

sumber:voaindonesia.com

Editor: edo.