HETANEWS

Makin Ketat, Gojek & Grab Rilis Fitur Baru Pesan-Antar Makanan di 2020

Ilustrasi, sejumlah pengemudi ojek online menunggu penumpang di depan Stasiun Pondok Cina, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (11/6/2019).

Hetanews.com - Mengawali 2020, persaingan Gojek dan Grab terkait layanan pesan-antar makanan makin ketat. Gojek meluncurkan empat fitur baru GoFood, sedangkan Grab merilis tujuh fitur anyar untuk GrabFood.

Tujuh fitur baru yang dirilis Grab yakni ambil sendiri (pickup), multiorder, pesan ulang, kesayanganku, centang hijau, all in one GrabKitchen, dan pusat bantuan.

Sedangkan Gojek merilis pickup, turbo lewat GoFood Festival dan GoFood Kitchen, plus atau paket berlangganan, serta Google Assistant.Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan, peluncuran tujuh fitur baru itu bukan hanya untuk meningkatkan transaksi.

“Kami beri kepuasan pada stakeholder yaitu pelanggan, mitra pengemudi, dan merchant. Jadi lebih mudah kalau ingin meningkatkan value," katanya di Jakarta, Jumat (17/1).Ia menyebutkan, transaksi (gross merchandise value/GMV) GrabFood di Indonesia selama Semester I 2019 meningkat tiga kali lipat.

Neneng berharap, jumlah mitra penjual meningkat pada tahun ini.Pertama, fitur ambil sendiri yang baru tersedia di Jakarta, Bandung, Denpasar, dan DI Yogyakarta. Melalui fitur anyar ini, pelanggan bisa memesan kuliner lewat aplikasi Grab, lalu mengambilnya di toko.Kedua, fitur multiorder yang memungkinkan konsumen memesan menu berbeda di empat mitra sekaligus dalam satu pesanan.

Ketiga, pesan ulang yang memudahkan pelanggan memesan kembali produk yang pernah dibeli.Keempat, fitur kesayanganku dengan tanda favorit pada produk GrabFood. Kelima, centang hijau sebagai penanda merchant pilihan GrabFood. Keenam, pusat bantuan.Terakhir, layanan all in one untuk GrabKitchen.

Saat ini, Grab memiliki 40 GrabKitchen di lima kota besar Indonesia. Melalui cloud kitchen ini, pengguna bisa memesan beragam kuliner melalui aplikasi, namun tidak bisa memakannya di lokasi.Mengawali tahun ini, Grab juga mengampanyekan Gerakan jangan lupa makan.

Selama 10 jam, pada Jumat (17/1), 590 mitra pengemudi Grab mengantarkan 10 ribu paket makanan kepada pemadam kebakaran, polisi, dokter, suster, pengemudi transportasi umum, dan petugas kebersihan.Gerakan itu dilakukan di lima kota yakni Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, dan Makasar.

Pesaingnya yakni Gojek juga meluncurkan empat fitur baru terkait GoFood. Beberapa di antaranya mirip, seperti PickUp dan Turbo.Mengawali 2020, persaingan Gojek dan Grab terkait layanan pesan-antar makanan makin ketat. Gojek meluncurkan empat fitur baru GoFood, sedangkan Grab merilis tujuh fitur anyar untuk GrabFood.

Tujuh fitur baru yang dirilis Grab yakni ambil sendiri (pickup), multiorder, pesan ulang, kesayanganku, centang hijau, all in one GrabKitchen, dan pusat bantuan. Sedangkan Gojek merilis pickup, turbo lewat GoFood Festival dan GoFood Kitchen, plus atau paket berlangganan, serta Google Assistant.

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan, peluncuran tujuh fitur baru itu bukan hanya untuk meningkatkan transaksi. “Kami beri kepuasan pada stakeholder yaitu pelanggan, mitra pengemudi, dan merchant.

Jadi lebih mudah kalau ingin meningkatkan value," katanya di Jakarta, Jumat (17/1).Ia menyebutkan, transaksi (gross merchandise value/GMV) GrabFood di Indonesia selama Semester I 2019 meningkat tiga kali lipat. Neneng berharap, jumlah mitra penjual meningkat pada tahun ini.Pertama, fitur ambil sendiri yang baru tersedia di Jakarta, Bandung, Denpasar, dan DI Yogyakarta.

Melalui fitur anyar ini, pelanggan bisa memesan kuliner lewat aplikasi Grab, lalu mengambilnya di toko.Kedua, fitur multiorder yang memungkinkan konsumen memesan menu berbeda di empat mitra sekaligus dalam satu pesanan. Ketiga, pesan ulang yang memudahkan pelanggan memesan kembali produk yang pernah dibeli.

Keempat, fitur kesayanganku dengan tanda favorit pada produk GrabFood. Kelima, centang hijau sebagai penanda merchant pilihan GrabFood. Keenam, pusat bantuan.Terakhir, layanan all in one untuk GrabKitchen. Saat ini, Grab memiliki 40 GrabKitchen di lima kota besar Indonesia.

Melalui cloud kitchen ini, pengguna bisa memesan beragam kuliner melalui aplikasi, namun tidak bisa memakannya di lokasi.Mengawali tahun ini, Grab juga mengampanyekan Gerakan jangan lupa makan. Selama 10 jam, pada Jumat (17/1), 590 mitra pengemudi Grab mengantarkan 10 ribu paket makanan kepada pemadam kebakaran, polisi, dokter, suster, pengemudi transportasi umum, dan petugas kebersihan.

Gerakan itu dilakukan di lima kota yakni Jakarta, Bandung, Medan, Surabaya, dan Makasar. Pesaingnya yakni Gojek juga meluncurkan empat fitur baru terkait GoFood. Beberapa di antaranya mirip, seperti PickUp dan Turbo.Pertama, GoFood Pickup yang baru tersedia di DKI Jakarta. Chief Food Officer Gojek Group Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan, fitur anyar itu akan diperluas secepat mungkin.Kedua, GoFood Turbo yang menjamin pesanan tiba dengan cepat.

Namun, layanan ini tersedia untuk pemesanan di GoFood Kitchen dan GoFood Festival.Cloud kitchen merupakan layanan restoran berbasis online yang memungkinkan mitra GoFood hadir di lokasi yang lebih dekat dengan konsumen. Bedanya dengan GoFood Festival, pengguna tidak bisa makan di tempat. Konsumen hanya bisa memesan lewat aplikasi Gojek.

Per November 2019, Gojek memiliki memiliki 10 cloud kitchen dan 30 GoFood Festival. Secara keseluruhan, Catherine mengatakan bahwa rerata layanan GoFood sampai di tangan konsumen selama 25 menit.Ketiga, GoFood Plus atau paket berlangganan kepada konsumen tertentu.

Pelanggan yang terpilih akan mendapat potongan harga untuk beberapa kali pemesanan.Gojek menentukan konsumen yang bisa mendapat paket tersebut berdasarkan nominal pesanan selama periode tertentu. “Kami akan buat paket lebih banyak konsumen.

Ini merupakan kekuatan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) kami supaya lebih applicable,” kata dia, kemarin (16/1).Terakhir, Google Assistant yang terintegrasi dengan GoFood. Layanan ini baru tersedia di ponsel Android. Dengan fitur ini, pengguna bisa memesan GoFood lewat suara.

Sumber: katadata.co.id

Editor: tom.