HETANEWS

Sempat Ditolak GOIB, Aktivitas Bioskop Dekat Masjid PGC Tetap Normal

Foto: dok.istimewa

Jakarta, hetanews.com - Gerakan Ormas Islam Betawi (GOIB) sempat menolak keberadaan bioskop yang berada di dekat Masjib As-Sinah di Pusat Grosir Cililitan (PGC), Cililitan, Jakarta Timur. Penolakan itu dilakukan oleh Ketua GOIB, H Andy M Shaleh dengan memasang spanduk di pusat perbelanjaan itu.

Pantauan detikcom, Jumat (17/1/2020) bioskop itu terletak di lantai teratas PGC. Masjid As-Sinah itu sendiri terletak di lantai yang sama, namun beda arah. Bioskop yang dimaksud adalah 'Cinema XXI'.

Untuk menuju ke lokasi, pengunjung menggunakan lift. Nah, dari lift tersebut, pengunjung harus belok kanan apabila hendak menuju bioskop, sedangkan ke masjid lewat kiri.

Seorang pekerja di bioskop yang enggan disebut namanya menyebut, bioskop telah beroperasi sejak tanggal 29 Desember 2019. Namun siang tadi, aktivitas di bioskop tampak sepi pengunjung.

Aktivitas di bioskop tampak normal. Begitu juga dengan aktivitas salat Jumat di masjid berjalan lancar.

Salah seorang pengurus masjid yang enggan disebut namanya menyebut, masjid tersebut di bawah naungan pengelola PGC. Pengurus masjid, sebut dia, tidak terganggu dengan kehadiran bioskop dan tidak ada hubungan dengan isu penolakan bioskop oleh GOIB.

"Enggak ada (masalah), kita kan satu naungan (di bawah pengelola PGC). Kita enggak ada sangkut pautnya (dengan GOIB), itu warga luar (yang demo)," kata pengurus masjid tersebut.

Sebelumnya diberitakan, penolakan bioskop itu sempat viral di media sosial. Penolakan tersebut disampaikan oleh GOIB melalui spanduk yang dipasang di dekat PGC.

Ketua GOIB, H Andy M Shaleh telah dimintai keterangan oleh polisi terkait pemasangan spanduk itu. Andy telah meminta maaf dan memastikan tidak akan ada demo.

detikcom juga memantau di jalan sekitar PGC di Jl Cililitan, Kramat Jati, Jakarta Timur. Hingga siang tadi, tidak tampak adanya kerumunan massa yang akan melakukan demo.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, selain meminta maaf, Andy juga telah menyerahkan sejumlah brosur dan spanduk terkait aksi penolakan.

"Ketua ormas GOIB Andi M Sholeh dengan sukarela menyerahkan spanduk dan brosur ke Polres Metro Jaktim dan dibuatkan surat pernyataan penyerahan yang ditandatangani (berkas terlampir) dengan jumlah spanduk 15 buah dan brosur 12 rim," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (17/1/2020).

"Aparat kepolisian, TNI, Pemda menjamin bahwa hari Jum'at tanggal 17 Januari 2020 tidak ada aksi demo," sambung Yusri.

Hingga saat ini belum ada tanggapan dari pihak pengelola PGC soal penolakan Bioskop XXI tersebut. Saat detikcom mengunjungi kantor pengelola di lantai 6, resepsionis menyebut General Manager sedang tidak ada di tempat.

Sumber: 

Editor: suci.