HETANEWS

Dairi Minta 11 Ribu Blangko e-KTP ke Kemendagri, Pemkab Harap Warga Bersabar

Plt Kadis Dukcapil Kabupaten Dairi, Amudi Naiborhu berharap permintaan blangko e-KTP kebutuhan masyarakat Dairi dikabulkan Kemendagri, saat ditemui Tribun Medan, Jumat (17/1/2020).

Dairi, hetanews.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Dairi telah memohon 11 ribu lebih blangko e-KTP ke Ditjen Dukcapil Kementerian dalam Negeri baru-baru ini.

Masyarakat Dairi diimbau untuk mengurus e-KTP segera setelah blangko e-KTP yang dimohon itu tiba di Kantor Disdukcapil Dairi, Sidikalang.

"Sudah kita tugaskan satu staf kita menjemput ke Jakarta. Permohonan kita di angka 11 ribuan. Angka itu hanya kebutuhan kita saja, bukan termasuk stok," kata Kadis Dukcapil Kabupaten Dairi, Amudi Naiborhu kepada Tribun Medan saat ditemui di kantornya, Jumat (17/1/2020).

Naiborhu menjelaskan, pengadaan blangko e-KTP oleh Ditjen Dukcapil Kemendagri sudah berjalan mulai akhir Desember 2019 lalu hingga awal Januari 2020.

Blangko e-KTP sudah tersedia 16 juta keping. Kini, Kemendagri tengah sibuk mendistribusikan blangko-blangko e-KTP tersebut.

"Saya pribadi pesimistis, blangko e-KTP yang diberikan ke kita sesuai dengan angka permohonan kita, karena cenderung lebih didahulukan terhadap daerah-daerah yang akan melangsungkan Pemilu. Makanya kami belum berani mengumumkan agar masyarakat berbondong-bondong mengurus e-KTP," ujarnya.

Naiborhu mengatakan, penggunaan blangko e-KTP ini diprioritaskan terhadap pemegang Surat Keterangan (Suket), pemohon e-KTP pertama kali, dan pemilik KTP yang rusak atau hilang karena bencana alam.

Sementara, untuk pemohon e-KTP karena ada perubahan elemen data, semisal nama, status perkawinan, dan agama, tidak prioritas.

"Mudah-mudahan dikabulkan permintaan kita. Jika tidak dikabulkan, maka masyarakat bersabar. Kita akan ajukan lagi, sampai seluruh masyarakat Dairi punya e-KTP," tuturnya.

Ia menambahkan, pemohon e-KTP, karena e-KTP miliknya ada tanggal daluwarsa, sama sekali tidak dilayani.

Sumber: tribunmedan.com 

Editor: suci.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.