HETANEWS.COM

Beli Sabu Patungan, Arsan Warga Cingkes Dihukum 5 Tahun Penjara

Terdakwa berdiri mendengarkan vonis 5 tahun penjara, didampingi pengacara, Harfin. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Arsanta Peranginangin als Arsan (22), akhirnya dihukum 5 tahun penjara, denda Rp 1 Milyar, subsider 3 bulan penjara, di Pengadilan Negeri (PN) Simalungun, Kamis (16/1/2020).

Majelis hakim, Novarina Manurung, Hendrawan Nainggolan dan Mince Ginting menyatakan, terdakwa telah terbukti bersalah melanggar pasal 114 ayat (1) UURI No 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

Sebelumnya, terdakwa dituntut 5,6 tahun penjara, denda Rp 1 Milyar, subsider 6 bulan penjara oleh jaksa, Barry Sugiarto Sihombing.

Barang bukti, berupa satu paket kecil sabu, dirampas untuk dimusnahkan dan satu unit sepeda motor Yamaha Jupiter MX, dirampas untuk negara.

Terdakwa yang tinggal di Nagori Cingkes, Kecamatan Dolok Silau ini, ditangkap Polsek Dolok Silau, saksi A Sitepu, P Sipayung dan R Peranginangin, pada Sabtu (17/8/2019), lalu, di Jalan Perasinan Saran Padang Simalungun.

Arsan yang baru saja membeli sepaket sabu seharga Rp100 ribu dari Palen (DPO), bermaksud hendak kembali ke tanah lapang menemui temannya, Jekson Peranginangin.         

Karena sebelumnya, terdakwa dan temannya sepakat membeli sabu secara patungan untuk dipakai saat menyaksikan hiburan HUT Kemerdekaan RI, di tanah lapang, di kampungnya. Naas, terdakwa ditangkap usai membeli sabu.         

Arsan mengendarai motor Jupiter MX 2771 CT berusaha melarikan diri ketika distop petugas.

Hingga akhirnya terjatuh dan sepaket sabu keluar dari jok sepeda motornya. Sabu dibungkus dengan uang pecahan 5000 dan dibalut dengan kantong jaring hitam.

Kepada petugas, terdakwa mengakui, jika sabu yang dibelinya secara patungan dari Jekson Rp80 ribu dan dari terdakwa Rp20 ribu.

Menanggapi putusan hakim tersebut, terdakwa didampingi pengacara, Harfin Siagian dan Sarah, menyatakan pikir-pikir.

Penulis: ay. Editor: gun.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!