Siantar, hetanews.com - Sigma Education Center (SEC), merupakan suatu institusi pendidikan luar sekolah yang telah memiliki legal formal untuk mengajarkan anak didik untuk meningkatkan ilmu pengetahuannya dengan metode sederhana. Sehingga anak tidak jenuh atau bosan dengan materi yang diajarkan.

SEC juga menggali potensi anak untuk membangkitkan rasa percaya diri tampil dan berbicara didepan umum (public speaking). Karena banyak anak yang mempunyai bakat luar biasa, tapi kurang percaya diri dengan potensi yang ada padanya.

Yayasan SEC dipimpin oleh dr.Lintong Nainggolan, Sp.OT yang telah hadir sejak 3 tahun lalu, di Kota Pematangsiantar.

SEC memiliki 2 depertemen, selain English Speaking Club, yang khusus mengajarkan anak lancar berbicara dalam bahasa Inggris, juga semi private yang mengajarkan bidang studi Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia (materi UN) dengan tenaga pengajar yang sudah terlatih.

Demikian dikatakan Arta Margaretha, didampingi Miss Jani Asmanti, ketika ditanya Hetanews.com, Kamis (16/1/2020), di kantornya, Jalan Sudirman No.39 Pematangsiantar.

“Untuk mewujudkan visi dan misi SEC dalam pengembangan pelajar masa kini yang merupakan generasi penerus bangsa yang lancar dan fasih berbahasa Inggris, kami akan mengadakan lomba,"katanya.

Menurut Arta, lomba yang diadakan untuk seluruh sekolah di Siantar-Simalungun dari mulai SD, SLTP dan SLTA/sederajat. Untuk SD Kelas 1-3 diadakan lomba spelling bee (seperti mengeja dengan bahasa Inggris), untuk tingkat SLTP lomba speech (pidato dengan bahasa Inggris) dan SLTA yaitu story telling (mendongeng).

Mengapa Bahasa Inggris? Menurut manager SEC ini, bahwa Bahasa Inggris merupakan bahasan yang paling banyak digunakan oleh dunia. "Kita harus mempelajari karena kita membutuhkan,"ungkapnya.

Panitia penyelenggara telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Pematangsiantar, agar semua sekolah ikut dalam lomba tersebut. Pendaftaran mulai besok, Jumat (17 Januari s/d 2 Pebruari) di Kantor SEC, dan sekaligus sebagai tempat seleksi.

Untuk memperlancar kegiatan tersebut, syarat pendaftaran dan jadwal seleksi sudah disampaikan kepada pihak sekolah, jelas Artha. Kepada pemenang lomba akan diberikan trophy dan uang pembinaan, tambahnya.

Melalui visinya, sebagai institusi pendidikan luar sekolah yang mandiri dan unggul di tingkat regional, SEC ingin memberikan pelayanan yang terbaik kepada semua peserta didik dan mengembangkan seluruh aspek pelayanan dalam bidang pendidikan ke seluruh wilayah Indonesia, khususnya Sumut.

Event ini, baru pertama kali diadakan di Kota Pematangsiantar yang diharapkan menjadi perhatian pemerintah dan juga stakeholder (kalangan dunia usaha) dalam memajukan dunia pendidikan khususnya dalam peningkatan bahasa Inggris anak. Dengan harapan ini even ini dapat berjalan sukses dan lancar, harap Arta.