HETANEWS

Kota Pematangsiantar Akan Menerapkan Bio Security

Salah satu wilayah perbatasan Pematangsiantar

Siantar, hetanews.com – Virus Hog Cholera dan ASF pada ternak Babi sudah menyebar ke seluruh kabupaten/kota di Provinsi Sumut. Tak terkecuali Pematangsiantar, akan menerapkan Bio Security.

“Pematangsiantar sudah pasti kena [Hog Cholera dan ASF], kemarin kan 18 kabupaten kota yang terjangkit, sekarang sudah 32 kabupaten kota di Sumut. Laporan kita juga dari Siantar juga sudah kita sampaikan,” kata Kabid Peternakan, Rita Elis.

Parahnya, setelah munculnya virus Hog Cholera, muncul kemudian virus ASF yang lebih mematikan ternak Babi. Penularan ASF ini lebih mudah terjangkit dibanding Hog Cholera.

Untuk mengantisapi penyebaran, tidak lagi dilakukan vaksinasi terhadap ternak. Apalagi ASF belum ditemukan jenis vaksin untuk membunuh virus tersebut. Dinas terkait hanya melakukan penyuntikan vitamin dan Disinfektan. 

Baca juga: Warga Temukan Bangkai Babi di Sungai Bah Na Sorma

“Tidak ada lagi dilakukan vaksin. Itu sudah jelas mekanisme dari Kementrian dan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi. Tidak dilakukan vaksin sampai ditemukan vaksin untuk itu. Jadi hanya dilakukan penyuntikan vitamin,” jelasnya Rita ditemui, Rabu (15/1/2020) kemarin.

Bio Security atau kemanan biologi pun akan diterapkan di wilayah Pematangsiantar. “Menunggu SK dar provinsi,” kata Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian, Ali Akbar menjelaskan.

“Benih maupun ternak Babi dari luar Pematangsiantar tidak dibenarkan dibudidayakan di Pematangsiantar. Tapi kalau untuk kebutuhan daging boleh,” jelasnya.

“Untuk tindaklanjutnya kedepan kita akan rapat dengan Pemko dan Polres untuk menetapkan Bio Security,”katanya menambahkan.

Bio Security ini mengantisipasi penularan virus ASF yang lebih rentan terjangkit. “Kita berhak melarang misalnya ternak dari Batubara, dari Simalungun maupun Taput. Jadi begitu semua nanti kota/kabupaten di Sumut,” katanya.

Baca juga: Bangkai Babi Terkena Virus Dikubur Bukan Dibakar

Penulis: gee. Editor: edo.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.