HETANEWS

Wow, DPRD Tingkatkan Dari Interplasi Ke Hak Angket, Ada Apa?

Surat pengajuan Hak Angket oleh DPRD Siantar, yang ditemukan hetanews.

Siantar, hetanews.com - Ada hal menarik yang terjadi hari ini, Rabu (15/01/2020) di DPRD Siantar, awalnya pengajuan dilakukan adalah hak Interplasi, namun hari ini berkembang menjadi Hak Angket, ada apa?.

Baca juga: DPRD Ajukan Hak Interplasi Terhadap Walikota, Berikut Alasannya

Terkait hal tersebut, kemudian hetanews menanyakan kepada Wakil Ketua DPRD Siantar Mangatas Silalahi yang turut mengajukan Hak Angket tersebut, menurutnya hal ini demi kepentingan masyarakat Siantar. 

"Sebenarnya masalahnya sama dengan Hak Interplasi yang kita ajukan kemarin,"katanya.

" Sebenarnya kan sudah banyaknya persoalan, terakhir pengangkatan 176 inikan meresahkan, soalnya ada yang bagus dalam assesment tapi di nonton jobkan, tapi di Interplasi kita hanya sebatas bertanya dan bisa diwakilkan oleh walikota, "jelasnya.

Awalnya kepada wartawan, Mangatas menjelaskan bagaimana tata cara Interplasi

" Setelah di paripurna kan, nanti akan diajukan pertanyaan oleh masing-masing pengusul melalui surat, kemudian nantinya dijawab oleh Walikota dalam sidang, dan nanti dalam sidang akan terjadi tanya jawab, dan itu bisa diwakilkan," Jelasnya. 

Mengingat hal tersebut kata Mangatas, anggota Dewan menganggap dasar dan alasan dari Hak Interplasi sama saja dengan Hak Angket, sehingga mereka menggap perlu melakukan Hak Angket karena cakupannya lebih luas. 

"Jadi tadi datang teman-teman mereka menganggap hal ini sama saja, dasarnya sama saja dengan Hak Interplasi, tetapi kalau Interplasi hanya sebatas bertanya saja, sedangkan kalau Angket cakupannya bisa lebih luas, " Paparnya.

Dikatakan  hal itulah yang menjadi penyebab ditingkatkan nya status dari Hak Interpolasi menjadi Hak Angket, Mangatas sedikit mengelak, dia menyebutkan jika ini demi kepentingan masyarakat Siantar. 

"Bukan ditingkatkan, kita mau maksimal menggunakan hak kita, demi kebaikan masyarakat Siantar, "ucapnya.

Penulis: tom. Editor: tom.
Komentar 1
  • VALenT. F.PARDEDE, SH, M.Hum.
    Gaor kalian sesama Siantar men’ pejabat kalian semua jalan tol tebing Siantar di depan mata ‘ masyarakat Siantar men bukan penonton Ces- konsep semua masyarakat untuk kerja’’Unang dollong’Ces’ beritamu maos hoax