HETANEWS

Lakukan Simulasi, KPU Medan Gandeng USU untuk Ujian CAT Calon PPK

KPU Medan melakukan simulasi Ujian CAT di Pusat Sistem Informasi (PSI) Universitas Sumatera Utara (USU), Rabu (15/1/2020). KPU Medan berkunjung untuk melihat langsung fasilitas ujian CAT.

Medan, hetanews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan menggandeng Universitas Sumatera Utara (USU) dalam melaksanakan perekrutan calon PPK dalam pelaksanaan Pilkada 2020.

Komisioner KPU Kota Medan Divisi Program, Data dan Informa, Nana Miranti mengatakan, KPU Medan nantinya akan melakukan penjaringan calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pilkada Medan mulai 18 hingga 24 Januari 2020.

"Pendaftaran dari tanggal 18 hingga 23 Januari, dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB atau sesuai jadwal kerja sedangkan untuk tanggal 24 Januari bagi para pendaftar ditunggu hingga pukul 24.00 WIB," katanya, Rabu (15/1/2020).

Setelah pendaftaran ditutup, selanjutnya KPU Kota Medan akan melakukan seleksi berkas para pendaftar.

Para peserta yang dinyatakan lolos seleksi berkas akan menjalani ujian dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang digelar di Pusat Sistem Informasi (PSI) Universitas Sumatera Utara (USU).

"Jadi pada hari ini kami berkunjung ke USU untuk melihat langsung fasilitas yang akan digunakan untuk pelaksanaan ujian tersebut," ungkapnya.

Dalam kunjungan ini, Nana menjelaskan KPU Medan melakukan simulasi ujian CAT. Simulasi ini menurutnya dilakukan untuk menghitung waktu yang dibutuhkan oleh peserta dalam menyelesaikan soal.

Selain itu mereka juga melihat kesiapan teknis yang berkaitan dengan penyelenggaraan ujian tersebut nantinya.

"Bagaimana misalnya penanggulangannya jika terjadi error, jika listrik padam dan lainnya. Kita berharap kunjungan kita ini bisa menjadi awal untuk mengantisipasi berbagai potensi gangguan teknis. Jumlah komputer yang tersedia ada sekitar 80 unit namun ada cadangan 10 unit," katanya.

Kunjungan ke lokasi ujian CAT ini dihadiri oleh Komisioner KPU Sumut Yulhasni. Sedangkan dari KPU Kota Medan yakni Ketua KPU Medan Agussyah Damanik, Nana Miranti dan Edy Suhartono

Sumber: tribunmedan.com 

Editor: suci.