HETANEWS.COM

Tunggu Rekomendasi PDIP, Gibran Tegaskan Hanya Daftar Calon Wali Kota

(Foto: Ilustrator)

Solo, hetanews.com - Gibran Rakabuming Raka mendapat sinyal dari DPP PDIP yang membuka ruang baginya untuk dipilih maju dalam Pilkada Solo 2020. Namun sejak awal Gibran sudah memagari bahwa dia mendaftar sebagai calon wali kota.

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, mengatakan DPP PDIP telah mengantongi nama-nama calon kepala daerah, termasuk Solo. Dia menyebut partai berlambang banteng itu membuka ruang untuk Gibran.

"Daerahnya sudah ada, nanti kami sampaikan lebih detail. Termasuk Solo, termasuk Medan," kata Hasto usai penutupan Rakernas I PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (12/1).

"Tentu saja Mas Gibran juga punya kepedulian yang begitu besar dan tentu saja partai membuka ruang itu. Apalagi banyak pemimpin muda dari PDIP yang berhasil," ungkapnya.

Gibran pun menanggapi pernyataan Hasto. Akan tetapi, putra Presiden Joko Widodo itu memilih menunggu pernyataan resmi partai.

"Ya udah, kita tunggu aja statement resminya. Itu aja," kata Gibran saat ditemui di Pujasari, kompleks Sriwedari, Solo, Selasa (14/1).

Gibran mengaku belum mendapatkan kabar apapun dari partai. Saat uji kelayakan dan kepatutan di DPD PDIP Jawa Tengah, Gibran pun mengaku diberi tahu proses jika benar mendapatkan rekomendasi.

"Kemarin fit and proper test juga sudah diberitahulah, nanti dipanggil (kalau dapat rekomendasi). Ya ada beberapa statement-statement kalau dapat rekomendasi. Tapi ini belum (dipanggil)," ujarnya.

"Nanti kita tunggu statement resminya aja," katanya menambahkan.

Bagaimana jika direkomendasikan sebagai wakil wali kota?

Namun bagaimana jika Gibran rekomendasi untuknya itu untuk posisi sebagai calon wakil wali kota?

Kepada wartawan, Gibran pun menanggapi adanya peluang tersebut. Dia menegaskan bahwa dirinya mendaftarkan diri untuk posisi Wali Kota Solo.

"Saya kan mendaftarkan bukan sebagai wakil (wakil wali kota). Saya mendaftar sebagai wali kota," tegasnya menjawab pertanyaan tentang kemungkinan dia direkomendasi sebagai wakil wali kota oleh DPP PDIP.

Dia bahkan kembali menegaskan, jika nantinya ditugasi menjadi sebagai wali kota melalui rekomendasi, Gibran akan menyerahkan kepada DPP PDIP untuk memilihkan wakil untuknya.

"Kalau wakil (calon wakil wali kotanya), ya saya serahkan ke pimpinan (untuk memilihkan)," katanya.

sumber: detik.com

Editor: sella.
Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!