HETANEWS

Bus Intra dan Sentosa Parkir Berjajar di Bahu Jalan

Bus Sentosa dan Intra parkir di bahu Jalan Sisingamangaraja seputaran Parluasan Kota Pematangsiantar, Selasa 14 Januari 2020.

Siantar, hetanews.com -  Bus  Intra dan Sentosa terpantau parkir di bahu jalan tepatnya di Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Siantar Utara, Pematangsiantar, Selasa (14/1/2020) Pukul 17.00 WIB. Warga dan pengguna jalan merasa terganggu akibat angkutan kota dalam provinsi itu parkir sembarangan.

“Banyak kali berjejer disitu [Bus], Aku mau lewat tak bisa memandang lagi kedepan. Jalan pun semakin sempit,” ketus salah seorang pengendara sepeda motor yang hendak melintas ke arah Jalan Medan.

Bus yang terparkir tak jauh dari Loket Intra di Jalan Sisingamangaraja, Parluasan.  Tak cuma di sisi kiri bahu Jalan, Bus juga terpakir memanjang di sebelah kanan bahu jalan.

Baca juga: Terkait Bus Intra, Kadishub Belum Jawab Surat Kasat Lantas Siantar

Melihat itu, warga setempat menyebut jika bahu jalan itu tak sepatasnya dijadikan tempat parkir. Apalagi dalam waktu yang cukup lama.

“Kan gak bisa parkir sembarangan. Kalau setahuku, adanya lokasi parkir. Ini parkir disitu, kenapa gak ke Terminal Tanjung pinggir saja, disana kan luas,” pungkas S Sihombing, ditemui di Kawasan Parluasan.

Jalan Sisingamangaraja Pematangsiantar merupakan jalan lintas utama jika pengendara bermotor, atau sebaliknya datang dari Kota Medan menuju wilayah destinasi pariwisata Danau Toba.

Selain itu, Jalan Sisingamangaraja khususnya bertempat di kompleks Parluasan itu merupakan wilayah yang ramai kendaraan, sebab tak jauh dari basis pasar tradisional.

Baca juga: Terkait Kemacetan di Siantar, Wali Kota Harus Evaluasi Kinerja Esron Sinaga

Pun demikian, hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi dari pihak pengusaha Bus jurusan Siantar-Medan itu soal parkir Bus dipinggir jalan.

Sekaitan dengan parkir, perlu diketahui dalam UU No 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Raya, pada pasal 121 tertulis mengenai parkir yang diperbolehkan dalam kondisi darurat.

Disebutkan bahwa seluruh kendaraan bermotor yang harus parkir akibat kondisi darurat, maka pengemudi wajib memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain.

Baca juga: Ditanya Soal Kemacetan di Jalan Pattimura, Esron Sinaga: Dang Urusanta Bei

Penulis: gee. Editor: edo.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.